5 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Ketika Mengonsumsi Buah Berenuk

Senin 21-08-2023,23:02 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Cuaca yang tidak menentu seperti saat sekarang ini membuat tubuh kita rentan akan datangnya penyakit. Akan tetapi jika kita mampu menjaga tubuh kita dengan mengonsumsi buah adalah dimana salah satu cara kita agar bisa menjaganya agar tetap sehat.

Salah satunya yakni buah berenuk, dimana memiliki nama yang khas ini dan pasti jarang dikenali oleh masyarakat. Akan tetapi ternyata buah yang satu ini memiliki manfaat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat buah berenuk untuk kesehatan yakni sangat beragam, dimana mulai dari mencegah tumor, mengontrol kadar gula darah hingga mengurangi risiko dari bisa ular.

Selain dari buahnya kalian juga bisa mendapatkan manfaat buah berenuk dari bagian daun dan kulit kayunya. Karena pada umumnya pohon dari buah dengan nama latin Crescentia cujete ini ditemukan di semak belukar dan tepi hutan.

BACA JUGA:3 Manfaat Kesehatan untuk Pria dan Efek Samping Mengonsumsi Buah Pinang

Berikut 5 manfaatnya, antara lain:

Bisa Mengontrol Kadar Gula Darah

Dimana studi dalam Davao Medical School Foundation, Filipina berhasil membuktikan bahwa buah berenuk memiliki potensi besar untuk mengontrol kadar gula darah puasa pada orang-orang dengan kondisi diabetes.

Hal tersebut karena manfaat ini didapat berkat kandungan berbagai senyawa di dalamnya seperti asam sitrat, pektin, iridoid, alkaloid dan asam cyanhydric. Bahkan studi ini juga menyebutkan efek penurunan kadar gula darah bisa terlihat dengan signifikan setelah mengonsumsi ekstrak air rebusan buah berenuk selama sekitar 7-14 hari.

Mampu Menjaga Jantung Lebih Sehat

Kalium menjadi salah satu mineral yang terdapat pada buah berenuk, dimana faktanya mineral tersebut memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung.

Bahkan kalium membantu jantung ketika sedang memompa darah ke seluruh bagian tubuh, dan hal ini akan membuat detak jantung tetap normal.

Tidak hanya itu kalium juga membantu mengendalikan sekaligus menurunkan tekanan darah, karena pasalnya mineral ini dapat merangsang tubuh agar membuang natrium yang berlebih melalui urine.

Dapat Menurunkan Efek Dari Bisa Ular

Menurut studi dalam International Journal of Phytomedicine berhasil menemukan manfaat buah berenuk, yakni untuk meningkatkan potensi kehidupan orang yang terkena bisa ular viper Rusia hingga 100 persen.

Kategori :