Buah Strawberry: Rasanya yang Enak dan Memiliki 7 Manfaat Bagi Kesehatan

Minggu 13-08-2023,23:30 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

Jika mengonsumsi buah yang memiliki sifat anti peradangan seperti strawberry bisa meredakan gejala arthritis yang mengganggu.

BACA JUGA:Sayur Brokoli: Rasanya yang Enak dan Mempunyai 6 Manfaat untuk Kesehatan

4.   Menurunkan Risiko Peradangan Dalam Tubuh

Buah strawberry merupakan buah dengan kandungan fitokimia dan vitamin yang sangat tinggi, dan berbagai kandungan tersebut mampu mencegah paparan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu peradangan.

Hal serupa juga terdapat dalam jurnal Molecules dengan judul Important Flavonoids and Their Role as a Therapeutic Agent, yakni dimana tingginya kadar flavonoid dan antioksidan dari buah ini memiliki efek positif pada peradangan dalam tubuh.

Kandungan tersebut memiliki sifat neuroprotektif, antikanker, kardioprotektif dan antidiabetik sehingga mampu melindungi tubuh kita. Bahkan kondisi peradangan yang terjadi cukup lama dan tidak membaik dapat memicu berbagai risiko penyakit kronis.

5.   Mengoptimalkan Proses Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah strawberry cukup tinggi, dan kedua nutrisi tersebut mampu meningkatkan produksi kolagen dan mengoptimalkan proses penyembuhan luka pada kulit.

6.   Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Mengonsumsi buah strawberry ini bisa menurunkan risiko iritasi pada usus yang terkait dengan kanker usus besar. Menurut studi dari jurnal Food Chemistry yang berjudul Protective Effects of Non-Extractable Phenolics from Strawberry Against Inflammation and Colon Cancer in Vitro.

Dimana senyawa fenolik dalam buah strawberry juga bisa mengurangi peradangan kronis dan kanker usus besar.

7.   Mengoptimalkan Pengontrolan Kadar Gula Darah

Buah ini mampu memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan, dimana kadar glukosa setelah mengonsumsi karbohidrat dengan mengonsumsi buah ini secara rutin maka kondisi ini sangat berguna untuk mencegah sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

BACA JUGA:7 Manfaat Sayur Brokoli untuk Kesehatan Anak Kecil Kita

Demikian pembahasan kita mengenai 7 manfaat buah strawberry untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :