5 Buah yang Bisa Meredakan Kolesterol Dalam Tubuh

Selasa 08-08-2023,11:33 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Menjaga kesehatan merupakan salah satu langkah kita untuk bisa menjaga tubuh agar selalu stabil. Karena jika badan sudah tidak stabil akan beresiko mengganggu aktvitas keseharian ini.

Maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk sering mengonsumsi buah-buahan dan perlunyanya mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan kita. Kolesterol tinggi adalah kondisi yang tidak boleh kalian sepelekan.

Kondisi yang terjadi karena peningkatan kadar kolesterol di dalam darah ini bisa menjadi tanda bahaya serta bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Maka dari itu sangat penting untuk selalu menjaga kadar kolesterol selalu stabil.

Kolesterol tinggi tidak boleh disepelekan sama sekali, hal tersebut pasalnya kondisi ini bisa menjadi tanda bahaya dan berisiko memicu berbagai gangguan kesehatan.

Maka dari itu penting untuk selalu menjaga kadar kolesterol tetap normal, dan salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kadar kolesterol.

Bahkan seseorang bisa dikatakan mengalami kolesterol tinggi jika hasil pemeriksaan darah menunjukkan angka di atas 240 mg/dL. Kadar kolesterol normal untuk orang dewasa yakni kurang dari 200 mg/dL.

Saat kadar kolesterol terlalu tinggi maka risiko berbagai penyakit kardiovaskular pun akan meningkat, dan kondisi ini juga bisa memicu penyakit seperti aterosklerosis, akumulasi kolesterol dan plak berbahaya di dinding arteri.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dan salah satunya mengatur pola makan. Orang yang mengidap kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu termasuk buah-buahan.

Jenis makanan yang satu ini memiliki banyak kandungan serat yang larut dalam air. Karena serat dalam buah bisa mengikat asam empedu sehingga menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Sebenarnya tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat, namun kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi malah bisa memicu pembentukan plak.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Khasiat Buah Anggur Hijau untuk Kesehatan Tubuh kita

Hal tersebut sehingga menyumbat pembuluh darah, dan kondisi itu bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung.

Berikut 5 buah yang bisa meredakan kolesterol dalam tubuh, antara lain:

1.   Alpukat

Jika kalian memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka mengonsumsi buah alpukat saja. Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Kategori :