6 Khasiat Daging Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu 05-08-2023,19:27 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Buah kelapa sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, dimana buah ini yang ternayata sangat mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Bukan hanya buahnya saja, akan tetapi seluruh batang pohin, daun juga bisa dimanfaatkan dibuat apapun. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pohin kelapa mempunyai 1000 manfaat.

Tidak hanya lezat dan menyegarkan nyatanya mengonsumsi daging buah kelapa untuk buka puasa juga bermanfaat bagi kesehatan kita.

Kelapa adalah buah yang tergolong dalam keluarga Arecaceae atau palma-palman, dimana buah kelapa memiliki kulit keras dan serat yang melindungi isinya yang berupa daging dan air kelapa.

Berikut 6 khasiat buah kelapa untuk kesehatan, antara lain:

1.   Mendukung Fungsi Otak

Kandungan senyawa MCT (medium-chain triglyceride)  dalam buah ini ini juga memiliki manfaat yang luar biasa, dimana manfaat senyawa tersebut adalah membantu menunjang fungsi otak, sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap gangguan memori dan fungsi otak.

Bahkan salah satunya seperti penyakit Alzheimer, hal ini karena senyawa MCT dapat menjadi bahan bakar alternatif glukosa dalam tubuh.

2.   Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam daging buah kelapa tidak hanya membuat kamu merasa kenyang lebih lama, akan tetapi juga dapat melancarkan pencernaan.

Selain itu lemak yang terkandung dalam buah ini juga ikut andil dalam berbagai fungsi tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan usus dengan cara membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, serta mencegah pertumbuhan jamur penyebab infeksi di pencernaan.

Tidak berhenti sampai di situ senyawa MCT dalam daging buah kelapa juga disebut-sebut bermanfaat untuk menguatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Perlu kalian ketahui bahwa keberadaan bakteri baik ini sangat penting untuk melindungi pencernaan dari peradangan dan sindrom metabolik.

Itulah sebabnya jika mengonsumsi makanan sehat seperti daging buah kelapa ketika saat berbuka puasa sangatlah direkomendasikan.

3.   Kaya Akan Mineral

Kategori :