Unik dan Cerdas! Alat Pengiris Bawang Merah dari Botol Bekas, Tipis dan Rapi

Jumat 04-08-2023,04:16 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Alat pengiris bawang merah banyak tersedia dipasaran. Bentuknya pun beragam,begitu juga dengan cara penggunaannya.

Ketika membuat masakan, kamu harus memakai bumbu lengkap. Salah satu jenis bumbu dasar yang sering digunakan adalah bawang merah. Bumbu dapur satu ini bisa membuat masakan semakin sedap.

Teknik pengolahan bawang merah untuk sebuah masakan cukup bervariatif, bisa diulek, diblender, dicincang, atau bahkan diiris tipis.

Saat kamu ingin mengiris bawang merah, bisa mengandalkan alat pengiris khusus. Alat tersebut bisa didapat dengan mudah di pasaran. Bentuk dan bahannya pun sangat beragam, ada yang terbuat dari kayu atau plastik.

Namun selain membelinya di pasar, alat pengiris bawang merah ini sebenarnya bisa dibuat di rumah, lho.

Bermodal barang bekas, kamu bisa membuat alat pengiris bawang sederhana dan sangat berguna. Salah satu pengguna YouTube dengan akun bernama JAENG AC Service pernah membagikan tutorial membuat alat tersebut melalui video yang diunggah.

Melansir BrilioFood dari YouTube JAENG AC Service pada Selasa (25/7), bahan yang dipakai juga sederhana. Kamu hanya butuh botol bekas berbahan plastik tebal.

Dalam video tersebut, pengguna YouTube JAENG AC Service menyarankan untuk menggunakan botol bekas dengan diameter 4 cm. Selain botol, siapkan juga beberapa buah pisau cutter berukuran kecil atau sedang.

Caranya :

1.     Potong bagian bawah botol menggunakan cutter.

2.     Pastikan hasil potongannya rapi dan sejajar. Karena kualitas pemotongan ini bisa berpengaruh pada ukuran cutter yang akan ditempelkan.

3.     Setelah itu, belah bagian pinggir botol yang sudah terpotong tadi.

4.     Buat sayatan sedalam lebarnya cutter yang akan ditancapkan. Pastikan sayatannya ini sejajar dan beri jarak 1-2 milimeter antara satu sayatan dengan sayatan yang lain.

5.     Jika cutter sudah terpasang, rekatkan bagian luarnya dengan lem tembak. Lalu biarkan sampai kering. Selanjutnya, rapikan sisa cutternya menggunakan alat pemotong besi.

6.     Dalam video tersebut, dia menggunakan mesin gerinda. Supaya cutternya lebih menempel, beri lem lagi.

7.     Terakhir, tutup bagian luar cutter menggunakan isolasi atau lakban hitam.

Selain agar lebih rapi, hal ini juga bertujuan supaya bagian cutter yang masih mencuat keluar tidak melukai tangan. Sebaiknya tutup dengan beberapa lapis solasi agar lebih tebal. Jika sudah, alat pengiris bawang ini pun siap dipakai.

Untuk memakainya, kamu bisa meletakkan bawang di atas talenan. Lalu menekan bawang tersebut menggunakan ujung mata pisau yang berada di botol.

Nah, hasil irisan ini bisa dikeluarkan dari bagian tutupnya. Siapa sangka, hasil potongannya benar-benar rapi dan cepat.

Video milik pengguna YouTube JAENG AC Service ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali. Menilik kolom komentar, ada banyak warganet YouTube yang takjub dengan kreatifitas tersebut. Mereka mengaku alat pengiris bawang dari botol bekas ini sangat berguna untuk membantu proses memasak jadi lebih cepat dan praktis.

BACA JUGA:Bukan Hanya Bawang Merah! Ini Produk Unggulan Brebes yang Tidak Kalah Tenar

Itulah cara membuat pemotong bawang yang dapat membantu kalian dalam mempercepat memasak. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

Kategori :