Begini Cara Memasak Daging Entok Agar Tidak Keras dan Amis, Gampang Banget

Kamis 03-08-2023,22:29 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Kalian pasti pernah menyantap sajian daging entog yang masih keras dan amis. Masakan daging entok seringkali keras dan amis. Padahal daging entok itu sendiri merupakan bahan masakan yang memiliki cita rasa gurih dan menggugah selera.

Daging entok adalah bahan masakan yang bisa kita olah menjadi berbagai masakan lezat, beberapa masakan yang sudah popular antara lain entok pedas serta rica-rica entok.

Perlu anda ketahui bahwa daging entok hampir sama dengan daging bebek, namun entok memiliki tekstur yang cukup keras dan alot. Kita perlu memsak daging entok dengan cara yang tepat. Agar dagingnya empuk.

Daging entok memiliki tektur yang cukup keras dan alot. Kita perlu memasak daging entok dengan cara tepat agar dagingnya empuk. Kita juga perlu memasak daging entok dengan cara tepat agar bau amis entok tidak berlebihan.

Kita juga perlu memasaknya dengan cara yang tepat agar bau amis tidak berlebihan.

Melansir dari fimela.com dan beberapa buku resep masakan daging unggas,   ada beberapa cara memasak daging entok agar tidak amis serta empuk.

Cara Memasak Daging Entok

1.     Rebus daging entok dengan metode slow cooking.

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah, gunakan lah teknik slow cooking ketika merebus daging entog sebelum diolah. Caranya adalah masukan daging entog kedalam air rebusan saat air masih dalam keadaan dingin dan belum mendidih, sehingga pemanasan air nantinya akan seiring dan bersamaan dengan pemanasan daging entog itu sendiri, ini membuat pemanasan terjadi secara merata dan masuk hingga ke area daging paling dalam, dan membuat daging entog menjadi lebih empuk. Perebusan daging entog dilakukan selama 2-3 jam untuk hasil maksimal.

2.     Masukkan daging entok ke dalam air rebusan sebelum panas.

Merebus entok dengan cara ini akan membuat panas air merata ke daging dan membuat dagingnya lebih empuk.

3.     Untuk mendapatkan rasa daging yang enak, tambahkan juga aneka rempah ke dalam rebusan. Daging entok yang anda rebus bersama rempah-rempah tak hanya enak rasanya tetapi juga lebih mudah empuk dan bau amisnya berkurang.

Selain dagingnya yang keras dan alot, kendala lain yang harus diperhatikan saat mengilah daging entog adalah bau amisnya yang cukup menyengat. Untuk meminimalisir gangguan ini, saat perebusan kamu bisa menambahkan berbagai rempah rempah sehingga bau amis dapat hilang sekaligus daging menjadi empuk. Kamu bisa coba tambahkan daun salam, jahe, serai atau daun jeruk sebagai penambah aroma untuk olahan daging entog.

4.     Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bau amis pada daging entog yaitu dengan cara membalurkan air perasan jeruk lemon ataupun jeruk nipis pada seluruh bagian daging sebelum daging direbus atau diolah. Ini akan membantu membuat bau amis pada daging entog berkurang saat nanti dimasak. Atau jika kebetulan kamu sedang tidak meiliki lemon ataupun jeruk nipis, cuka juga bisa digunakan sebagai penggantinya untuk dibalurkan pada daging entog yang akan diolah.

5.     Biarkan daging entok yang telah anda rebus dalam panic hingga semalaman. Jika sobat Disway merebus entok pada sore hari, biarkan semalaman dan masak esok pagi hari. Cara ini bisa membuat daging entok lebih empuk.

6.     Saat merebus daging entok, tambahkan satu genggam beras ke dalam panic. Menambahkan beras ke dalam rebusan daging akan membuat daging cepat empuk dan matang sempurna.

BACA JUGA:Daging Empuk dan Lembut Seperti Tahu, Campur dengan Bahan Ini dijamin!

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memasak daging entok agar lebih empuk dan tidak berbau amis. Semoga tips ini bermanfaat. Selamat mencoba ya.(*)

Kategori :