Pantai Glagah: Tempat Wisata Unik yang Mempunyai 2 Daya Tarik

Jumat 04-08-2023,08:51 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Setekah sebelumnya kita membahas tentang mitos yang ada di wisata ini, maka kalian juga harus mengetahui hal apa saja yang membuat para wisatawan berdatangan.

Wisata Pantai Glagah merupakan salah satu tempat berlibur yang penuh akan mitos akan tetapi mempunyai magnet bagi para wisatawan. Bagi kalian yang ingin berlibur bisa langsung mengunjungi wisata ini.

Pantai selatan dikenal dengan gulungan ombaknya yang besar dan cukup berbahaya, oleh karena itu dibuat tetrapod dengan struktur beton kaki empat agar ombak tidak bergulung sampai daratan.

Laguna Pantai Glagah

Kalian pasti pernah mendengar wahana laguna yang terdapat di pinggir pantai, yang biasanya laguna terbentuk diantara cekungan bebatuan karang yang kemudian terisi oleh air laut sehingga membentuk sebuah kolam baru.

Laguna Pantai Glagah letaknya cukup jauh dari bibir pantai dan terpisah oleh lebarnya pasir pantai dan tanaman-tanaman yang tumbuh di sekelilingnya.

Terbentuknya laguna Pantai Glagah berasal dari bagian daratan yang tergerus dan diisi oleh air laut pasang bercampur air hujan, dan lama-kelamaan laguna berubah menjadi kolam luas yang ditumbuhi rerumputan hijau di pinggirannya.

BACA JUGA:Mitos dan 2 Hal yang Perlu Kalian Ketahui di Indahnya Pantai Glagah

Daya Tarik Pantai Glagah

1.   Adanya tetrapod

Pada bagian tengah-tengah gugusan tetrapod ini dibangun pula jalan setapak dari beton memanjang ke arah laut, serta jalan setapak ini juga berfungsi sebagai dermaga.

Para pengunjung Pantai Glagah biasanya berkumpul ke area gugusan tetrapod untuk melihat lautan dan berfoto-foto, bahkan di samping itu tempat ini juga sangat pas menjadi lokasi   menyaksikan sunset di ufuk barat.

Bahkan terkadang kalian juga akan melihat warga setempat maupun pengunjung lain yang memanfaatkan tetrapod sebagai spot memancing.

Pantai ini juga dijuluki sebagai pantai pasir besi, yang bukan berarti pasir pantainya terbuat dari besi, akan tetapi memang terdapat kandungan besi yang cukup signifikan dan seringkali dijadikan bahan tambang.

Pasir besi biasanya ditandai dengan warnanya yang kehitaman atau abu-abu gelap, serta didalamnya terkandung bahan-bahan seperti magnetit, titanium, silika, kalsium dan sebagainya.

Kategori :