Ini Dia Peluang Usaha yang Cepat Bikin Kaya! Jualan Bawang Goreng Bisa Untung Rp 39 Juta Sebulan

Jumat 28-07-2023,13:58 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Bawang goreng sudah banyak dikenal orang sebagai pelengkap sajian. Banyak makanan yang sangat cocok jika kita taburi dengan bawang goreng.

Kadang orang lebih suka membeli bawang goreng kemasan karena mereka anggap lebih praktis. Mungkin juga karena sebagian orang lainnya enggan untuk mebuat sendiri karena bawang goreng terkenal pedih di mata pada saat proses mengupas dan mengirisnya.

Sambil menyelam minum air ide usaha ini cocok sekali untuk petani bawang baik yang ada di pedesaan maupun perkotaan. Berjualan bawang goreng modal Rp1 jutaan saja bisa omzet puluhan juta dalam sebulan.

Tidak banyak orang yang mengira bahwa sebetulnya dengan berjualan bawang goreng bisa menjadi ladang pundi-pundi uang bagi kamu yang menjalankannya.

Meskipun bawang terdengar remeh, akan tetapi hasilnya bisa menggunung.

Terutama untuk kamu yang konsisten mengerjakannya, usaha satu ini menjadi salah satu usaha yang tidak ada matinya.

Kenapa? Karena kamu pu tahu kalau bawang goreng ini merupakan bahan dasar masakan, bahkan sudah menajadi kebutuhan pokok bagi para pedangan makanan.

Seperti pedagang pecel (ayam, lele, nila, dan lainnya), ketoprak, lontong, sate, soto, nasi goreng, dan masih banyak lainnya makanan yang dibubuhi bawang goreng.

Selai berfungsi sebagai hiasan, bawang goreng yang ditaburkan ke makanan ini juga bertujuan untuk pewangi makanan itu sendiri.

Jangan salah juga, meskipun terlihat biasa-biasa saja. Tapi rasa kriuk bawang goreng ini juga membuat candu pecintanya loh! Sehingga makanan yang disantap terasa lebih lezat, jika ditaburi bawang goreng.

Luasnya target pasar bawang goreng ini, bisa menjadi satu peluang usaha juga untuk kamu jadikan sebagai referensi.

Selain membuatnya yang mudah, bahannya juga mudah di dapatkan.

Ya meskipun saat menggorengnya harus berjuang sampai menangis untuk mengirisnya, bukan karena sedih. Tapi ya memang seperti yang kamu ketahui potong bawang itu membuat mata perih.

Tapi tentu ini bukan hal yang besar untuk di atasi, karena zaman sekarang sudah canggih.

Banyak orang yang menjual alat memotong bawang agar lebih praktis.

Serunya lagi, jika kamu seorang petani bawang. Ini akan membantu penghasilan kamu lebih banyak lagi, selain menjual bawang mentah. Kamu juga bisa menjual bawang goreng.

Di sini kamu tidak perlu lagi membeli bawang ke pedagang lain, karena kamu sudah punya bahan utamanya. Tinggal memasarkannya saja kepada pengusaha kuliner.

Jadi tidak ada alasan sulit lagi untuk memulai usaha satu ini, apalagi kalau kamu bisa membaca artikel ini hingga akhir.

Untuk pemasarannya, kamu bisa titipkan di warung-warung, minimarket, supermarket, dan toko bahan masak. Selain itu kamu juga bisa pasarkan secara online, melalui media sosial.

Merangkum dari laman ValoraNews.com,  bakal membagikan informasi tentang perkiraan modal untuk membuka usaha bawang goreng, yang dihimpun dari channel Youtube Celengan Info.

Perkiraan Modal Usaha bawang goreng

Untuk mendapatkan omzet yang banyak, dalam memulai usaha bawang goreng. Tentu harus kamu sesuaikan dulu dengan modal yang dikeluarkan.

Ya bahan-bahan yang dibutuhkan memang tidak banyak, cuma butuh bawang dan minyak goreng saja. Bisa ditambah dengan bumbu micin juga jika kamu mau.

Kemudian utuk peralatan menggorengnya kamu bisa gunakan yang ada dirumah saja, seperti wajan, kompor beserta gas, sendok, dan lainnya.

Jika kamu lihat di marketplace, 1kg bawang goreng bisa dibayar mahal loh! mulai dari Rp50 ribu sampai ratusan ribu untuk bawang goreng krispi.

Sementara untuk bawang goreng biasa ada yang menjual per gram, di mana 200 gramnya dibandrol harga Rp25-40 ribu.

Jika diestimasikan harga terendah 1kg nya bawang goreng biasa ini, harganya bisa mencapai angka Rp150 ribu.

Adapun perkiraan modal yang bisa kamu jadikan gambaran saat memulai bisnis nantinya.

1.     Plastik Kemasan = Rp150 ribu

2.     Bawang merah per kilo Rp19 ribu x 10kg = Rp190

3.   Minyak goreng, gas, bumbu lainnya = Rp100 ribu

=> Total modal awal untuk 10 kg bawang merah yaitu Rp340 ribu.

10kg bawang merah, kamu bisa hasilkan 4 kg bawang goreng.

1 kg bawang goreng seharga Rp150 ribu x 4kg = Rp600 ribu omzet yang kamu dapat jika menjual 4 kg bawang goreng.

Lalu Berapa Untung yang Bisa Didapatkan?

Seperti biasanya untuk menghitung keuntungan ini kamu perlu mengurangi total pendapatan dengan biaya operasional. Pendapatan Rp600 ribu dikurang Modal 4kg bawang goreng Rp340 ribu = Rp260 ribu

BACA JUGA:Tertarik Buka Usaha Katering Dengan Modal Kecil? Begini Caranya

Bayangkan jika sehari kamu bisa menjual sebanyak 10-20kg bawnag goreng, maka omzet yang diperoleh ada sekitar Rp3 juta dengan keuntungan bersih Rp1,3 juta. Jika dikalikan untuk sebulan atau 30 hari, maka untung yang bisa kamu dapat adalah Rp39 juta.

Sekian informasi terkait perkiraan modal usaha jual bawang goreng dengan modal kecil di rumah. Semoga informasi ini dapat membantu! (*)

Kategori :