Ini Dia Asal Usul Wisata Danau Beratan yang Ada di Bali

Kamis 27-07-2023,00:05 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Selain terkenal dengan Pantai yang menjadi daya tarik utama ketika datang ke Bali, kalian juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Bali.

Apalagi bagi kalian yang ingin mencari ketenangan bisa mengunjungi wisata Danau Beratan yang juga menjadi ikon wisata yang ada di Bali ini. Tempatnya yang enak untuk bisa berlibur dengan keluarga maupun pasangan kalian.

Danau Beratan merupakan salah satu objek wisata yang terkenal karena keunikannya, dan kamu dapat melihat pura yang berada di tengah danau tersebut, yakni dimana pura tersebut diberi nama, Pura Ulun Danau Beratan.

Asal Usul Danau Beratan

Danau beratan ini tentu saja memiliki sejarah yang menarik untuk kamu tidak hanya sekedar mengetahui tapi juga dapat kamu pelajari. Danau beratan ini diambil dari dua kata, yaitu Bedug dan Kul.

Dimana bedug berarti alat tradisional untuk memanggil umat islam beribadah, dan kata Kul berarti alat komunikasi tradisional di Bali. Jadi, sudah pasti dengan kearifan lokal di Bali yang membentuk nama Danau ini.

Untuk Pura Ulun Danau Beratan, diketahui telah berada sejak zaman megalitikum atau sekitar 500 sebelum masehi dan pura ini didirikan oleh pendiri kerajaan Mengwi bernama I Gusti Agung Putu.

Selain itu Danau Beratan ini juga dijadikan sebagai tempat untuk satwa langka seperti Rusa dan Kijang dan pastinya akan seru dapat melihat satwa ini secara langsung bahkan bermain bersama.

Fasilitas

Fasilitas di dalam Danau Beratan ini seperti area parkir yang cukup luas, toilet gratis, taman bermain untuk anak-anak, cafe dan restaurant hingga bermain dan melakukan aktivitas seru.

Harga Tiket Masuk

Tentunya Danau Beratan ini juga sama seperti dengan objek wisata yang lain di Bali. Kamu dapat berkunjung ke Danau Beratan dengan membayar tiket masuk sesuai kategori tertentu.

Bagi kalian yang berkewarganegaraan Indonesia atau WNI, pada kategori dewasa akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang, dan kategori anak-anak sebesar Rp7.500 per orang

Sedangkan untuk Warga negara asing pada kategori dewasa akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang, dan untuk kategori anak-anak sebesar Rp15.000 per orang.

Tidak sampai situ di Danau Beratan ini pun tersedia tempat parkir untuk kamu yang membawa kendaraan, tentu saja akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000 untuk kendaraan bermotor, Rp5.000 untuk kendaraan bermobil, dan Bus sebesar Rp10.000.

Kalian juga sebaiknya mengunjungi Danau Beratan di saat yang tepat, Danau Beratan ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 18.00 wita dan buka setiap hari.

Lokasi

Danau beratan ini berada di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali.

Rute Danau Beratan

Jika kalian berangkat dari bandara Ngurah Rai akan menempuh jarak sekitar 1 jam 14 menit atau sama dengan 62,6 kilometer. Sedangkan jika datang dari arah Singaraja akan menempuh jarak sekitar 40 kilometer.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, umum atau bahkan menyewa mobil atau motor selama seharian. Bagi kalian yang berangkat dari bandara Ngurah Rai, dapat mengambil jalur melalui Jalan Airport Ngurah Rai, menuju Jalan By Pass Ngurah Rai.

Lalu ke Jalan Sunset Road, menuju Jalan Griya Anyar dan selepas itu saat menemukan Jalan Taman Pancing kalian perlu mengambil jalur ini. Lalu menuju Jalan Imam Bonjol, hingga ke Jalan Cokroaminoto.

Dengan tujuan akhir pada Jalan Baturiti Bedugul dan disitu sudah berada lebih dekat dengan Danau Beratan.

BACA JUGA:3 Tempat Wisata yang Paling Menjadi Favorit Wisatawan di Bali

Demikian itulah pembahasan kita mengenai informasi dan asal usul wisata Danau Beratan Bali, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :