Buat yang Berani Aja! Ini Dia Daftar Makanan Aneh yang Ada di Indonesia

Sabtu 22-07-2023,19:45 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Pernah dengar nama makanan aneh ? ya, Indonesia memiliki beberapa makanan aneh yang tersebar pada berbagai wilayah. Bukan cuma namanya saja yang aneh, bahan dasarnya pun juga aneh seperti nama makanannya.

Mungkin banyak orang yang jijik dengan hewan-hewan tesebut, namun ketika diolah menjadi makanan mempunyai cita rasa tersendiri bagi sebagian orang.

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang sangat kaya dengan keberagaman budaya dan surganya wisata kuliner, karena setiap daerah memiliki khas atau keunikannya masing-masing, apalagi keanekaragaman cita rasa dan selera dari berbagai makanan tradisional.

Namun, tahukah kamu bahwa Indonesia juga memiliki menu makanan yang terbilang sangat aneh? Dianggap aneh karena dibuat dari bahan-bahan yang tak lazim dan terlihat ekstrim.

Tapi siapa sangka, makanan yang terbilang aneh dan ekstrim ini begitu diminati oleh masyarakat, apalagi bagi para penikmat kuliner nusantara. Berikut sajiannya, menu makanan teraneh dan paling ekstrim di Indonesia.

1.     Purworejo: Ulat Bulu

Siapa yang berani coba makanan khas Purworejo ini? Yakni Ulat Bulu.

Mungkin jika dilihat agak menjijikkan, apalagi cukup banyak orang yang takut atau geli dengan

binatang yang satu ini. Namun, menu yang satu ini biasa dimakan oleh masyarakat sekitar karena dipercaya bisa menyembuhkan sakit gigi. Ulat bulu yang dimakan juga harus ulat pohon turi ataupun famili Lyman Tridae, jadi bukan sembarangan ulat bulu. Menu yang satu ini biasa dihidangkan menjadi sate atau bisa juga digoreng.

2.     Gunung Kidul: Belalang Goreng

Pernah coba Belalang Goreng? Yang merupakan salah satu menu khasnya Gunung Kidul.

Makanan yang satu ini menjadi menu yang ekstrim, namun sangat diminati oleh masyarakat. Belalang yang dikonsumsi merupakan jenis belalang kayu yang memiliki warna cokelat. Walaupun terbilang ekstrim, tapi siapa sangka menu yang satu ini memiliki begitu banyak kandungan protein dan juga vitamin A, B, & C. Saat dikonsumsi, menu yang satu ini terkenal dengan kerenyahannya serta rasanya yang gurih.

3.     Manado: Paniki Santan

Pernah dengar Paniki Santan? Yaitu salah satu makanan yang asalnya dari Manado.

Makanan khas yang satu ini merupakan daging kelelawar atau kalong. Walaupun kedengarannya ekstrim, siapa sangka bahwa makanan yang satu ini sangat diburu dan terbilang populer sekali karena rasanya yang nikmat dan beraroma wangi.

Makanan khas ini biasa disajikan dengan kuah santan yang terbuat dari bumbu dan rempah-rempah. Daging kelelawar yang sudah disajikan tergolong bertekstur lembut mirip seperti daging ayam.

Berani Coba?"

4.     Papua: Ulat Sagu

Pernah dengar menu khas dari Papua yang begitu terkenal? Atau kamu pernah coba? Yaitu Ulat Sagu.

Menu yang satu ini asalnya dari Suku Kamoro, Papua. Masyarakat sekitar biasa menyantap menu yang terbilang ekstrim ini secara mentah-mentah atau langsung saat masih hidup, namun bisa juga dihidangkan menjadi sate. Walaupun ekstrim, menu yang satu ini memiliki begitu banyak kandungan gizi dan vitamin yang menyehatkan tubuh.

5.     Minahasa: Tikus Panggang

Tak kalah ekstrim dengan menu yang sebelumnya dibahas, Minahasa memiliki salah satu kuliner yang bikin merinding, yakni Tikus Panggang.

Sebagian besar orang pasti merasa jijik jika mendengar kata tikus, apalagi jika melihatnya, mengingat tikus hidup dan berkembang biak ditempat yang begitu kotor. Namun, menu yang satu ini biasa menggunakan tikus hutan dan yang biasa memakan tumbuh-tumbuhan saja.

Makanan yang ekstrim ini biasa diolah dengan aneka bumbu lalu dipanggang dengan mentega.

Bagi yang sudah pernah mencoba konon rasanya seperti ayam bakar yang lezat, lho. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

6.     Banyuwangi: Botok Tawon

Mendengar menu yang satu ini mungkin bagi sebagian terdengar asing. Biasanya kalo mendengar kata tawon, orang-orang akan mengacu pada minyak tawon, yang biasa digunakan untuk urut ataupun kerokan. Namun, ternyata ada juga makanan yang terbuat dari sarang tawon, yakni Botok Tawon yang merupakan salah satu menu khasnya Banyuwangi.

Makanan yang khas ini biasanya diolah dengan bumbu-bumbu rempah autentik Indonesia yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Soal rasa, tentunya sangat lezat, makanan yang satu ini bercita rasa asam manis dan pedas, bagi yang sudah pernah coba rasanya kurang lebih seperti garang asem.

7.     Jawa: Sate Biawak

Pernah coba Sate Biawak?

Masyarakat sudah sangat hafal dengan sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Namun, cukup mengerikan ketika mendengar sate biawak. Sate ini menjadi salah satu makanan ekstrim yang ada di Indonesia. Biasanya makanan ini dikonsumsi sebagai obat yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit gatal pada kulit dan juga bisa mencegah serangan penyakit asma.

Jadi, itu dia sederet makanan teraneh di Indonesia yang begitu diminati masyarakat, apakah kamu mau mencobanya?

BACA JUGA:Mungkin Anda Pernah Mengalaminya! 7 Emosi Aneh yang Sering Terjadi Pada Manusia

Itulah beberapa daftar makanan dengan nama aneh yang ada di Indonesia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

 

 

Kategori :