Ini Dia Sejarah Tempat Wisata Situ Cipule yang Menawarkan Keindahan

Jumat 21-07-2023,00:14 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Pesona wisata yang satu ini sangatlah membuat kita mempesona, walaupun tempat ini mempunyai sejarah yang harus kita tahu.

Bahkan kalian bisa menghabiskan akhir pekan kalian bersama kelaurga tercinta dengan mengunjungi wisata yang satu ini. Karawang ternyata memiliki beberapa tempat wisata alam yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata danau buat kamu ngabisin waktu weekend bersama orang-orang terdekat.

Salah satunya ialah dengan mengunjungi Situ Cipule, yang selalu ramai dikunjungi apalagi di akhir pekan serta hari libur.

Situ Cipule merupakan salah satu danau atau waduk atau situ yang dimiliki Karawang selain Situ Cibayat yang lokasinya berada di tepi Sungai Citarum yang terkenal.

Sejarah Wisata Situ Cipule

Situ Cipule awalnya yakni merupakan sebuah tempat penggalian pasir yang lokasinya berada di tepi Sungai Citarum, karena mengalami proses penambangan yang terus menerus dan dalam waktu yang lama hingga akhirnya membentuk sebuah cekungan yang cukup dalam.

Untuk kedalamannya mencapai 2 meter dengan luas sekitar 90 hektar yang pada  akhirnya terbentuklah danau atau Situ Cipule sekarang ini dengan melewati proses yang cukup panjang.

Dimana saat ini Situ Cipule memiliki beberapa fasilitas penunjang yang dapat membuat kegiatan liburanmu di sini menjadi semakin menyenangkan.

Danau Cinta yang Romantis

Hadirnya sebuah pulau cantik yang diberi nama Pulau Cinta, dan pulau tersebut memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi yang hanya dapat dikunjungi ketika Danau Cipule sedang surut.

Untuk menuju Pulau Cinta di Danau Cipule kamu harus menyewa sebuah perahu dan berkendara sekitar 5 menit lamanya.

Adanya Spot untuk Memancing

Bagi kalian yang hobi memancing, tempat ini telah tersedia spot untuk memancing akan tetapi peralatan dan keperluan untuk memancingnya bawa sendiri ya.

Wisata Alam yang Murah

Situ atau Danau Cipule memiliki pemandangan yang tidak kalah seperti di kota-kota bersuhu adem lainnya karena udara yang sejuk dan pemandangan yang indah akan kita rasakan ketika berada di Situ Cipule.

Apalagi dengan hadirnya gunung yang menjadi latar terbaik dari Situ Cipule Karawang ini, pokoknya komplit dengan udara sejuk, pemandangan indah, suasana yang nyaman akan kamu dapatkan di Situ Cipule.

Bahkan ternyata Situ Cipule pernah menjadi lokasi dari perlombaan dayung ketika Sea Games 2011 silam, sehingga banyak pula yang menyebutnya Danau Sea Games Ciampel.

Jam Buka

Untuk jam operasional dari Situ Cipule buka setiap hari selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk

Sedangkan harga tiket masuk yakni hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Fasilitas

Untuk fasilitas yang ada di sekitar kawasan Situ Cipule diantaranya tersediannya area parkir kendaraan, mushola, toilet, warung makanan dan minuman dan spot foto.

Lokasi

Lokasi dari tempat wisata Situ Cipule Karawang ini berada di Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Petunjuk Jalan Menuju Situ Cipule Karawang

Akses menuju Situ atau Danau Cipule sangat mudah dituju, jaraknya dari pusat kota Karawang sekitar 20 km, untuk rute yang dapat dituju ialah dengan melalui tol dan keluar di Karawang Timur terus saja melaku hingga tiba di kawasan industri.

Teruskan perjalanan hingga tiba di Saluran Induk Tarum Barat, kemudian belok kiri menuju Situ Cipule. Karena untuk memudahkan dalam melalui rute yang ada kalian dapat meminta bantuan pada maps yang terpasang di android.

BACA JUGA:Green Canyon Karawang: Ini Dia Tempat Wisata yang Mempunyai Berbagai Daya Tarik, No 1 Pasti Kesukaan Kalian

Demikian itulah pembahasan kita mengenai berbagai daya tarik yang tersedia di wisata Situ Cipule, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :