Alun-Alun Blora: Tempat Bersantai yang Enak di Tengah Kota

Selasa 18-07-2023,14:13 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

Saat sore hingga malam hari para pengunjung di Alun-Alun Blora lebih didominasi oleh kalangan remaja dan pemuda atau kaum milenial. Hal tersebut dikarenakan Alun-Alun Blora dikenal sebagai tempat nongkrong yang nyaman, keren, dan murah, apalagi saat malam hari berpadu dengan lampu yang berwarna – warni yag menghiasi tempat ini.

 

Wisata Blora yang Bersejarah

 

Sejarah Alun-Alun Blora, tentu terkait erat dengan sejarah berdirinya Kabupaten Blora yaitu pada 11 Desember 1749. Saat ini masyarakat umum mengenal Alun-Alun Blora sebagai sebuah tempat wisata yang murah meriah dan kekinian, namun dulunya Alun-Alun Blora memiliki fungsi sebagai tempat berkeumpulnya masyarakat dan para raja, tempat dikeluarkannya titah raja, serta tempat berkumpul dan latihan prajurit perang.

 

Ada satu kegiatan lagi yang sering dilaksanakan di Alun-Alun Blora pada jaman dahulu, yakni kegiatan Rampogan Macan. Rampogan Macan adalah pertarungan antara macan dengan prajurit yang disaksikan oleh raja, pejabat kerajaan dan masyarakat.

 

Tentu saja kegiatan tersebut saat ini sudah tidak ada lagi, namun Rampogan Macan bisa menjadi salah-satu pintu untuk memahami kehidupan sejarah di masa lampau.

 

Harga Tiket Masuk

 

Untuk tiket masuk Alun-Alun Blora gratis, tetapi pengunjung hanya dikenakan biaya parkir di beberapa titik.

 

Jam Buka

 

Kategori :