Inilah 7 Ras Anjing Terbesar di Dunia, Berani Pelihara?

Minggu 16-07-2023,13:35 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Anjing adalah hewan peliharaan yang paling populer di seluruh dunia. Selain penampilan dan kelakuannya yang lucu, mereka adalah teman setia bagi manusia dan sangat dicintai oleh banyak orang.

Ada banyak jenis anjing yang berbeda di dunia, dan beberapa di antaranya sangat besar.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 ras anjing terbesar di dunia :

1. Great Dane

Anjing ini dikenal sebagai salah satu ras anjing terbesar di dunia karena tinggi badannya yang luar biasa. Great dane merupakan hasil perkawinan silang antara mastiff Inggris dengan anjing serigala Irlandia.

Rata-rata Great Dane memiliki tinggi sekitar 76 cm hingga 90 cm atau bahkan bisa lebih dari itu. Salah satu anjing great dane memegang rekor sebagai anjing tertinggi dunia yaitu anjing bernama Zeus.

Dia memiliki tinggi mencapai sekitar 111 cm. Ukurannya yang besar tak sebanding dengan usianya. Rata-rata usia harapan hidup Great Dane hanya 6-8 tahun.

2. Neapolitan Mastiff

Ras ini menjadi salah satu anjing terbesar karena massa tubuhnya. Mastiff Neapolitan berasal dari Italia bagian selatan dan sering digunakan sebagai anjing penjaga.

Tinggi rata-rata anjing ini sekitar 78 sentimeter dengan berat mencapai atau 68 kilogram, meskipun betinanya berukuran sedikit lebih kecil. Anjing ini dikenal sangat pemberani dalam melindungi rumah dan keluarga sehingga sangat cocok dijadikan anjing penjaga.

Namun, mereka lebih cenderung pendiam dan jarang memberikan peringatan ketika ada penyusup. Dia lebih senang mendatangi langsung orang yang mencurigakan daripada menggonggong terlebih dahulu.

3. Saint Bernard

Saint Bernard adalah ras anjing terbesar di dunia. Tidak hanya menjadi paling raksasa di jenisnya, namun Saint Bernard juga memiliki asal usul menarik. Hewan ini merupakan hasil kawin silang dari ras Ancient Molosser dan Alps.

Berasal dari pegunungan Alpen, Swiss, tinggi dari anjing ini bisa mencapai 70 sampai 90 cm serta berat di antara 65-120 KG. Dengan bulu tebal dan kasar berwarna putih, serta corak coklat atau merah yang memperindah kepala dan tubuhnya, anjing terbesar di seluruh dunia ini benar-benar memikat hati siapa saja.

Selain penampilannya, sifat ramah dan kesetiaan mereka juga menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai jenis ini. Kemampuan luar biasa dalam melacak bau dan naluri kuat juga menjadi salah satu alasan mengapa Saint Bernard dapat melindungi tuannya di balik tubuh besarnya.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Jenis Anjing Termahal di Dunia, Harganya Capai 600 Juta

4. Mastiff Inggris

Mastiff Inggris merupakan salah satu ras anjing terbesar di dunia yang dapat menarik atensimu. Tubuh dengan ketinggian mencapai 70 hingga 90 CM, serta berat 54 sampai 113 KG, Mastiff Inggris dapat melindungi tuannya dari ancaman sekitarnya.

Bulu pendek, tebal, dan halusnya juga membuat penampilan dari hewan ini menganggumkan. Ditambah dengan variasi warna beragamnya, seperti kuning, coklat, hitam, hingga kombinasi putih dan hitam yang menawan.

Mastiff Inggris tentu menjadi pilihan sempurna untuk kamu yang tengah mencari rekomendasi anjing untuk dipelihara. Kepribadian tenang, santai, dan setia dari mamalia ini juga membuat tuannya merasa senang.

5. Dogue De Bordeaux

Dogue De Bordeaux adalah salah satu ras anjing tertua dari Perancis. Anjing ini sangat kuat, tubuhnya berotot sehingga sering di pekerjaan bukan hanya untuk menjaga rumah tapi juga sebagai pengangkut barang, menarik gerobak sampai dengan mengawasi kawanan domba. Bordeaux mempunyai tiga nama sebutan diantaranya Bordeaux Mastiff, Bordeauxdog dan Mastiff Perancis. Anjing besar ini mempunyai masa hidup antara 5-6 tahun dan berat mencapai 68 kg.

6. Newfoundland

Nama Newfoundland diambil dari sebuah pulau di Kanada tempat ras anjing ini berasal. Newfoundland berbeda dengan jenis ras anjing besar lainnya karena mereka bukan sebagai anjing penjaga.

Anjing ini merupakan ras anjing air dan perenang hebat, kemampuan berenangnya telah banyak membantu para nelayan. Newfoundland mampu mengangkat jala dan tali dari kapal, menarik gerobak dan hal apapun yang jatuh ke laut.

Mereka terlihat besar karena mempunyai mantel dua kali lebih tebal yang membuat mereka tetep merasa hangat walaupun ketika di air es. Berat anjing ini mencapai 60-79 kg dan tinggi 75 cm.

7. Anjing Leonberger

Anjing Leonberger adalah salah satu jenis anjing terbesar di dunia. Mereka berasal dari Jerman dan dikenal karena bulu mereka yang indah dan tebal. Anjing ini memiliki berat sekitar 54-77 kg dan tinggi sekitar 72-80 cm.

Anjing ini diciptakan oleh seorang penduduk setempat bernama Heinrich Essig pada tahun 1846 dan dikembangkan untuk menyerupai singa dalam bentuk dan warna kulit. Anjing Leonberger dikenal karena sifatnya yang ramah dan tenang, serta keahliannya sebagai anjing pengasuh keluarga dan penjaga.(*)

Kategori :