Menjijikkan! Ini Daftar Makanan Aneh di Dunia, Tertarikkah Anda?

Minggu 16-07-2023,12:15 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Makanan aneh dari berbagai penjuru dunia selalu ada. Bahkan hewan yang beracun pun bisa menjadi menu masakan yang enak walaupun agak sedikit menakutkan.

Keanehan makanan-makanan tersebut kebanyakan menggunakan hewan yang tak lazim serta berbahaya. Namun, jenis makanan aneh tersebut ternyata memiliki penggemar tersendiri .

Tiap negara pasti memiliki makanan khas yang wajib anda coba. Namun, ada pula makanan aneh yang terlihat menjijikan tapi digemari masyarakat pada negara-negara tertentu. Penasaran apa saja makanan teraneh di dunia? Simak ulasannya di sini.

Deretan makanan aneh di dunia

Melansir dari laman SehatQ, berikut ini beberapa makanan aneh dari berbagai belahan dunia yang mungkin bisa jadi destinasi kulinermu selanjutnya:

1.     Tarantula goreng, Kamboja

Jika di Indonesia tarantula dianggap sebagai hewan menjijikan dan menakutkan, tidak dengan di Kamboja. Binatang yang satu ini justru menjadi camilan gorengan yang

kian populer di negara tersebut. Rasa tarantula goreng disebut-sebut mirip dengan rasa kepiting.

2.     Bola mata ikan tuna, Jepang

Makan daging ikan tuna mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika mengonsumsi bagian matanya? Ya, mata ikan tuna merupakan salah satu makanan terunik yang berasal dari Jepang. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di supermarket negeri matahari terbit tersebut

dengan harga yang murah.

Bola mata tuna biasa dihidangkan dalam menu izakaya atau kamu bisa memasaknya dengan cara merebus dan mengukusnya dengan campuran bawang putih atau kecap.

3.     Surstromming, Swedia

Surstromming termasuk makanan aneh yang berasal dari Swedia. Terbilang aneh karena sebagian besar orang menganggapnya sebagai ikan busuk karena baunya yang sangat tidak sedap.

Surstromming terbuat dari ikan haring dari Laut Baltik yang diasinkan dan difermentasi selama enam bulan. Kemudian, ikan tersebut dikemas dalam kaleng logam dan akan terus berfermentasi di dalamnya. Surstromming biasa disajikan bersama sepotong roti tipis dengan kentang dan bawang merah di atasnya.

4.     Balut, Filipina

Balut termasuk salah satu makanan ekstrim di dunia yang berasal dari Filipina.

Balut adalah telur bebek yang telah dibuahi termasuk embrio yang telah berkembang sebagian di dalamnya, lalu direbus hidup-hidup. Tertarik mencobanya? Kamu bisa memakannya langsung dari cangkangnya dengan taburan garam, cabai, dan cuka.

5.     Hakarl, Islandia

Hakarl termasuk makanan teraneh di dunia karena berasal dari daging hiu yang difermentasi. Makanan ini mungkin akan sedikit menurunkan selera makanmu karena baunya yang sangat menyengat.

Diperlukan waktu 9 minggu untuk proses fermentasi hakarl untuk mengurangi racun alami dalam daging hiu di dalamnya agar siap disantap.

6.     Shirako, Jepang

Shirako merupakan makanan aneh dari Jepang yang berasal dari kantung sperma ikan kod, ikan sungut ganda, dan ikan buntal.

Kamu mungkin akan melihatnya sebagai gumpalan berwarna putih dalam mangkuk saji yang terlihat seperti otak kecil.

Makanan ini memiliki rasa manis seperti custard dan dipercaya menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

7.     Ikan penis, Korea Selatan

Ikan penis merupakan makanan aneh asal Korea Selatan yang cukup populer. Sesuai namanya, ikan ini berbentuk seperti penis yang mungkin akan membuat kamu jijik memakannya.

Di tempat asalnya, ikan penis biasa dimakan mentah dengan cara diiris dan disajikan bersama dengan minyak wijen yang gurih. Konon, rasa ikan penis cenderung hambar dengan sedikit rasa manis.

8.     Kepala domba smalahove, Norwegia

Tak hanya menjadi makanan teraneh di dunia, kamu mungkin menganggap kepala domba smalahove sebagai hidangan yang menjijikan sekaligus menakutkan. Pasalnya, makanan ini disajikan dalam bentuk setengah utuh, sehingga kamu masih bisa melihat jelas anatomi kepala domba tersebut.

Kepala domba smalahove dimasak dengan cara direbus dan disajikan bersama rutabaga dan kentang. Orang Norwegia biasa menyantap makanan ini di hari Minggu menjelang natal.

9.     Kaki katak, Perancis

Siapa sangka, kaki katak menjadi salah satu makanan populer asal Perancis. Hidangan ini juga dikenal sebagai Cuisses de Grenouilles. Kaki katak bisa diolah dengan berbagai cara, antara lain dipanggang, digoreng, direbus dalam sup,   dibakar, maupun ditumis.

Soal rasa dan tekstur, daging kaki katak disebut-sebut memiliki banyak kemiripan dengan daging ayam maupun ikan.

Kaki katak juga dipercaya memiliki beragam nutrisi di dalamnya, termasuk protein, omega-3, vitamin A, dan potasium.

10. Sup ular, Cina

Sebagian dari kita mungkin menganggap ular sebagai binatang yang menakutkan sekaligus menjijikan. Namun di Cina, hewan melata yang satu ini justru laris manis menjadi olahan sup.

Daging ular yang yang paling banyak diminta untuk dijadikan sup antara lain berasal dari ular piton dan ular air. Proses pemasakan selama 6 jam dianggap mampu memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

11. Sup kelelawar buah, Palau

Makanan aneh selanjutnya adalah sup kelelawar buah yang berasal dari Pulau Palau di Samudra Pasifik.. Hidangan ini bahkan pernah menjadi makanan pokok penduduk setempat.

Sesuai namanya, sup ini terbuat dari kelelawar buah yang sering kita anggap sebagai hewan liar di malam hari. Bagi penduduk sekitar, hidangan ini dianggap sangat lezat dan merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh.

12. Hormiga culona, Kolombia

Hormiga culona adalah makanan yang berasal dari bokong semut berlemak. Hidangan ini sangat populer di Kolombia dan bisa kamu temukan dengan mudah sebagai jajanan pinggir jalan.

Hormiga culona bisa menjadi camilan yang renyah dan asin serta menyehatkan. Makanan dari serangga ini diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi dan memiliki efek afrodisiak yang mampu meningkatkan gairah seksual.

13. Testis banteng criadillas, Argentina

Testis banteng criadillas merupakan salah satu makanan teraneh di dunia yang berasal dari Argentina. Bayangkan saja, hidangan ini berasal dari alat kelamin atau buah zakar banteng.

Testis banteng criadillas biasanya diolah dengan cara digoreng dan disajikan dengan saus salsa.

14. Cacing mopane, Afrika Selatan

Cacing mopane termasuk makanan aneh dari Afrika Selatan. Di negara asalnya, hidangan ini dianggap sebagai makanan lezat yang menyehatkan.

Cacing mapone merupakan larva ngengat kaisar atau ulat raksasa yang diketahui memiliki kandungan protein tinggi.

Hidangan ini biasa diolah dengan cara direbus, digoreng, maupun dikeringkan sebagai makanan ringan yang renyah.

BACA JUGA:Jangan Ketawa! Nama Unik Namun Rasanya Asyik, Ini Daftar Makanan Unik di Indonesia

Itulah tadi 14 makanan yang aneh dan menjijikkan di dunia namun ternyata banyak juga yang menyukainya. (*)

Kategori :