DISWAYJATENG.ID - Belakangan ini pamor Honda Win 100 kembali naik di kalangan para pehobi motor klasik.
Punya tampilan sederhana dan mesinnya yang enggak gampang rewel, banyak yang menjadikan motor ini sebagai bahan restorasi. Aliran restorasinya pun bermacam-macam, ada yang didandanin seperti baru keluar dari dealer, bahkan ada yang mengubahnya jadi motor trabas. Yang satu ini juga enggak kalah unik, salah satu pemilik Honda Win 100 dari Yogyakarta bernama Ofix, menyulap tunggangannya menjadi trail perkotaan. BACA JUGA: Sering Terabaikan! Perhatikan 10 Tips Sebelum Membeli Kendaraan Online Untuk konsepnya sendiri, Ofix mengusung konsep tampil lebih tua dalam merestorasi Honda Win 100 lansiran 1997 miliknya. Kini tampilan motornya terlihat sepuluh tahun lebih tua dengan mengadopsi livery Honda Win 100 yang dirilis tahun 1987 silam. Salah satu alasan kuat Ofix mengubah tampilan motor Honda Win 100-nya menjadi lebih tua adalah ingin mendapatkan kesan lebih klasik. Bila melihat gaya Honda Win yang didominasi warna hitam glossy dengan list stiker warna merah, rupanya Ofix ingin membuat motor lebih fungsional dan stylish dengan menambahkan rak samping. Penambah rak yang disematkan di bagian bodi kanan dan kiri ini difungsikan untuk membawa tas berisi keperluan pribadi selama mengikuti touring atau berkendara jauh ke luar kota. "Kelihatannya simpel tapi tambah gagah karena aku memilih warna krom dan fungsinya sangat penting buat bawa tas pas touring," ungkap Ofix, Selain itu, dengan memilih tampil lebih tua sepuluh tahun, Ofix mengejar desain motor semi trail ala Honda Win 100 pabrikan tahun 1980 an. Bagi pria berkacamata ini, Honda Win 100 keluaran sekitar tahun tersebut merupakan perpaduan antara motor perkotaan dan trabasan. Bila dilihat secara keseluruhan, motor Honda Win ini memang memiliki tampilan serupa motor trail terutama pada bagian depan. Penggunaan shock teleskopik dipadu dengan spakborr depan plastik dan ban bermotif kotak besar membuat tampang trail sukses ditampilkan motor ini. Agar tampil sempurna sesuai desain Honda Win 100 pabrikan tahun 1980-an, Ofix sengaja berburu part part yang masih orisinil, meskipun part tersebut sudah berkarat lantaran usia. Hal ini dilakukan agar motor miliknya benar benar memiliki ruh Honda Win 100 tahun 1987 Lantaran dibekali dapur pacu berkapasitas 100 cc 4-tak, motor ini memang lebih cocok digunakan sebagai trail perkotaan. Motor Honda Win 100 ini memang paling pas untung kantong kawula muda yang pengin memiliki kuda besi yang kece namun dengan harga yang masih terjangkau. Kesan retro memang lekat pada motor Honda Win 100 ini. Bagi mereka yang lebih suka motor orisinil, part part bawaan pabrik justru menjadi daya tarik utama. Misalnya pada velg yang masih menggunakan jari jari dan sistem pengeremu memakai tromol. Selain itu kaki kaki bawaan motor ini juga terbilang membuat lentur bodi motor ketika melewati jalan tak rata. Untuk sistem pengapian,motor ini sudah menggunakan CDI. Selain itu, juga dibekali pendingin udara sehingga mesin tak lekas panas.(*)