Situ Patenggang: Tempat Wisata Legenda di Bandung yang Sangat Menarik

Jumat 14-07-2023,10:48 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Setiap kebanyakan tempat wisata pasti mempunyai berbagai mitos maupun legenda yang tersaji untuk daya tariknya. Salah satunya adalah Situ Patenggang yang mempunya legenda yang perlu kita ketahui.

Situ Patenggang yang terletak di wilayah Bandung selatan adalah salah satu objek wisata alam yang layak untuk kalian kunjungi. Situ Patenggang terletak berdekatan dengan tempat wisata favorit lainnya di daerah Bandung selatan yakni seperti Kawah putih, Ranca Upas dan juga Glamping Lakeside Rancabali.

 

Letak tempat wisata situ patenggang sendiri memang amat menarik dan terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh perkebunan teh yang indah.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan yang masih asri mulai dari perjalanan sampai ke lokasi.

 

Berikut adalah legenda serta informasi yang tersaji di wisata Situ Patenggang Bandung, antara lain:

 

1.   Legenda Wisata Situ Patenggang Bandung

 

Tempat wisata situ patenggang bandung memiliki legenda tersendiri, mulai dari nama Situ Patenggang disebutkan berasal dari kata pateang-teang atau saling mencari. Bahkan seperti biasa legenda ini bersangkut-paut dengan hubungan cinta atau asmara.

 

Dahulu disebutkan dua orang titisan dewa bernama Raden Santang dan Dewi Rengganis yang terpisahkan sekian lama. Mereka pun kemudian saling mencari dan akhirnya bertemu di tempat yang sekarang bernama batu cinta.

 

Dewi Rengganis kemudian mengajukan permohonan untuk dibuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah Situ Patenggang.

 

Kategori :