Jangan Kaget Lihat Harganya! Inilah 8 Lukisan Termahal di Dunia, Bukan Lukisan Sembarangan

Selasa 11-07-2023,20:48 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Lukisan termasuk karya seni yang memiliki nilai. Sebagian karya seni terkenal di dunia berada di museum atau koleksi pribadi. Harga satu lukisan bisa bervariasi yang dijual ke kolektor.

Lukisan termasuk karya seni yang dibeli kebanyakan orang. Kolektor lukisan lebih menyukai lukisan karya maestro ternama. Semakin terkenal sang maestro maka harga lukisan yang dibuat semakin mahal.

Berikut daftar lukisan termahal di dunia yang dijual, apa saja? Yuk Disimak!

1. Salvator Mundi – karya Leonardo Da Vinci

Lukisan Salvator Mundi ini berhasil memecahkan rekor lukisan termahal ketika terjual di angka 450 juta dollar (sekitar Rp 6,4 triliun) pada 2017 lalu di Balai Lelang Christie. Pembelinya adalah pangeran Arab Saudi yang bernama Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al-Saud.

Namun belakangan dilaporkan bahwa Pangeran Bader membeli lukisan tersebut berdasarkan permintaan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Salvator Mundi yang juga berarti juru selamat dunia ini menampilkan Yesus sebagai Mona Lisa versi pria.

2. Interchange – karya Willem de Kooning

Lukisan terkenal karya Willem de Kooning tahun 1955 berada di urutan kedua. Willem terinspirasi dari lingkungan kota New York. Lukisan Interchange terjual dengan harga hampir $300 juta atau senilai dengan Rp 4,2 Triliun tahun 2015.

Interchange merupakan lukisan gaya abstrak-ekspresionis. Lukisan termahal kedua ini dapat dilihat di Art Institute of Chicago, Amerika Serikat.

3. The Card Players – Paul Cézanne

Lukisan karya Paul Cézanne terjual dengan harga $250 juta atau senilai dengan Rp 3,5 Triliun. Lukisan ini dibuat tahun 1893 oleh Paul. The Card Players dibeli tahun 2011 oleh keluarga kerajaan Qatar.

4. Nafea Faa Ipoipo? – Karya Paul Gauguin

Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?)   berdiri sebagai salah satu lukisan termahal di dunia. Nafea Faa Ipoipo adalah lukisan karya seniman Prancis Paul Gauguin.

Karya seni tahun 1892 dijual pada tahun 2015 kepada Sheikha Al-Mayassa binti Hamad Al-Thani dari Keluarga Kerajaan Qatar dengan harga sekitar 210 juta USD. Harganya ketika disesuaikan dengan inflasi beberapa tahun kemudian diperkirakan mencapai 229 juta USD.

BACA JUGA:Bikin Melongo! Inilah 8 Jenis Ponsel Termahal Di Dunia, iPhone Mendominasi?

5. Water Serpents II – karya Gustav Klimt

Water Serpents II adalah lukisan minyak yang diselesaikan dalam waktu 3 tahun. Dalam lukisan tersebut, Klimt fokus pada bentuk dan sisi sensual wanita. Lukisan ini terjual dengan harga US$ 204 juta atau setara Rp 3 triliun.

6. Number 17A – Jackson Pollock

Lukisan abstrak karya Jackson Pollock terjual seharga $200 juta atau Rp 2,8 Triliun, sebagai koleksi pribadi. Lukisan Number 17A dibuat tahun 1948 oleh Jackson.

Anda bisa melihat karya lukisan abstrak Jackson Pollock yang lain di Museum of Modern Art (MOMA) New York.

7. Pendant Portraits – of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit

Lukisan pria dan wanita ini terjual seharga US$ 195 juta atau Rp 2,7 triliun. Lukisan karya Rembrandt ini memperlihatkan pasangan Soolmans & Coppit dalam busana hitam dan putih.

Lukisan ini dibuat tahun 1.634 ketika pasangan menikah. Menurut pakar seni dan sejarawan, kedua lukisan ini harus ditampilkan bersama dan tidak terpisah.

Akhirnya lukisan dibeli oleh Louvre dan Rijksmuseum di tahun 2015. Sebelumnya dijual, kedua lukisan ini milik keluarga Rothschild.

8. Violet, Green and Red – Mark Rothko

Lukisan karya Mark Rothko ini juga masuk dijajaran lukisan termahal di dunia. Lukisan dengan unsur warna ungu dan merah yang kental ini dihargai Rp 2,4 triliun.

Karya-karya dari Mark Rothko ini dikenal dengan gaya abstrak dengan beberapa blok warna.(*)

Kategori :