Menikmati Cita Rasa Makanan Khas Magelang yang Sangat Lezat, Nomor 2 Bikin keringat membasahi Tubuh, Mak nyus

Senin 10-07-2023,14:54 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

Lalu Apa itu sup senerek? Sup senerek merupakan makanan khas Magelang yang secara tampilan tak ada bedanya dengan sup pada umumnya. di mana yang ini terdapat potongan daging ayam atau sapi dan irisan wortel.

Bedanya, sup senerek memiliki ciri khas pada penambahan bayam dan kacang merah. Bila kamu ingin mencoba hidangan ini, kamu juga bisa menemukannya dengan nama sup kacang merah. 

Menikmati hidangan sup senerek ini di kala angin segar menerpa tubuh bisa membuat tubuh lebih rileks. Kuah kaldu daging yang baru diangkat dari panci rebusan ini dapat menghangatkan dan menyegarkan tubuh.

Menu Sup senerek ini umumnya disajikan dengan nasi putih. Di beberapa warung makan yang ada di Magelang, sup senerek ini juga terkadang dimakan bersama cemilan lauk dan peceh wuih berbumbu pedas.

BACA JUGA:Film Ada Apa Dengan Cinta 2 Ternyata Syuting di Sini, Wisata Edukasi Di Magelang ini Cocok bagi Anda

3.Buntil Daun Talas

Buntil ini merupakan panganan tradisional yang sangat terkenal di dataran Jawa. Bila pada umumnya buntil berbentuk gumpalan berisikan campuran makanan yang dibalut menggunakan daun pepaya, maka menu ini di Magelang kamu bisa menemukan buntil yang memakai daun talas sebagai pembungkus isiannya.

Buntil daun talas ini menjadi salah satu makanan tradisional khas Magelang yang rasanya tidak kalah enak dengan buntil daun pepaya. Untuk proses membuat buntil daun talas, orang Magelang biasanya memilih daun talas yang masih muda.  Sedangkan untuk isiannya bisa berupa parutan kelapa, udang asin, dan biji petai.

Pembuatan makanan berbahan dasar sayuran ini sangat mudah dan hanya memerlukan peralatan dapur yang sangat sederhana. Buntil daun talas yang sudah siap santap biasanya disajikan bersama kuah santan berisikan cabe dan rempah lain sehingga menciptakan warna kemerahan.

Buntil daun talas bisa dihidangkan bersama nasi hangat dan menu pendamping seperti ikan pindang, lalapan biji kacang panjang, dan sambal bawang.

4.Nasi Goreng Magelangan

Mendatangi Kota Santri ini seakan belum lengkap bila tidak mencicipi nasi goreng khas Magelang. Nasi goreng yang menyematkan nama kotanya sendiri pada nama makanan yang umumnya ditemukan di dalam dan luar negeri.

Hal ini tentunya mempunyai ciri khas yang dapat membuat semua orang jatuh cinta pada saat mencobanya. Ada beberapa alasan sendiri mengapa orang-orang tidak dapat menahan diri dari hidangan sangat enak ini. Nasi goreng magelangan ini disajikan bersama menu yang tak biasa, yaitu mie basah dan balungan atau tulang ayam. 

Masalah cita rasanya, makanan khas Magelang ini sangat gurih karena dicampur dengan kuah kaldu ayam saat memasaknya.Selain itu, ada pula yang unik dari nasi goreng magelangan yaitu tidak dimasak menggunakan kompor gas melainkan dengan tungku arang. 

Bila kamu mau mencobanya, nasi goreng magelangan dijual mulai harga Rp12.000an,terjangkau, bukan?(*)

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Di Magelang Berikut Ini yang Paling Top Dengan Berjuta Pesona

Kategori :