Berwisata dan Belajar Sejarah di Bukit Tinggi, Pasti Menyenangkan!

Minggu 09-07-2023,16:53 WIB
Reporter : Mohammad Dani Ramadhan
Editor : Mohammad Dani Ramadhan

DISWAYJATENG.ID - Jika ingin berwisata sejarah sambil menikmati panorama alam luar biasa, menjelajahi tempat wisata di Bukittinggi, Sumatera Barat bisa kamu coba.

 

Di sana, banyak tempat wisata yang saling berdekatan, sehingga membuat perjalanan wisata makin menyenangkan dan tak ada habisnya.



1. Jam Gadang

 

Berkunjung ke Bukittinggi terasa tak lengkap jika belum mengunjungi ikonnya, yaitu Jam Gadang. Jam yang sering disebut kembaran Big Ben London ini dibangun pada 1926.

 

Dengan tinggi 36 meter dan 4 tingkat, Jam Gadang merupakan hasil rancangan arsitek Minangkabau Yazid Rajo Mangkuto dan Sutan Gigi Ameh.

BACA JUGA: 

6 Rekomendasi Gunung Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula, Anda Wajib Coba!  
Jika ingin mengunjungi tempat wisata di Bukittinggi yang satu ini, jangan lewatkan kesempatan berfoto di sekitar destinasi ikonik ini.

 

2. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

 

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau dikenal sebagai Kebun Binatang Bukittinggi merupakan taman margastwa tertua peninggalan Belanda di Indonesia.

 

Lokasinya ada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi.

 

Dibangun pada tahun 1900 dengan nama Stormpark, obyek wisata di Bukittinggi ini lahir dari gagasan Gravenzanden yang bertugas di Fort de Kock. Kebun Binatang Bukittinggi juga memiliki beberapa wahana tambahan, seperti Museum Rumah Adat Baanjuang, Museum Zoologi, dan akuarium.

 

Seperti namanya yang mempunyai arti “bukit terkurung”, bukit ini berada di sebuah tebing yang menjulang tinggi dan membelah sebuah sungai dengan air jernih menjadi dua jalur. Belum lagi adanya Puncak Singgalang, semakin membuat tempat ini seperti pulau tak terpencil. Konon, tempat ini terbentuk akibat adanya gempa besar yang melanda Sumatra Barat hingga membuat suatu patahan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatra.

 

Berada di tempat ini sambil menikmati suara gemerciknya air sungai yang jernih, akan membuat hati Anda menjadi tenang. Terlebih jika Anda duduk menikmati kopi di salah satu kafe cukup terkenal di tempat ini.

 

3. Lembah Ngarai Sianok

 

Akibat gempa bumi juga, di Bukittinggi ini juga terbentuk Lembah Ngarai Sianok. Lembah ini membentang dari Nagari Koto Gadang di sisi selatan hingga Nagari Sianok Enam Suku di sisi utara. Lembah yang mempunyai panjang sekitar 15 km ini memang cukup dalam, yaitu mencapai 100 meter, dengan lebar celah sekitar 200 meter. Karena mempunyai suasana tenang dan terasa damai, banyak pengunjung yang menjuluki tempat ini dengan nama Lembah Pendiam. Tempat yang sangat pas untuk Anda jadikan sebagai tempat melepaskan penat.



4. Janjang Saribu Bukittinggi

 

Apakah Anda ingin merasakan berkunjung di Tembok Besar di Cina? Tenang, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke luar negeri, karena di Bukittinggi pun Anda bisa melihatnya, sebuah tembok besar dengan deretan anak tangga yang sangat panjang. Saking banyaknya anak tangga yang terbentuk inilah, membuat orang menyebutnya dengan nama janjang saribu atau tangga seribu. Sensasi akan Anda dapatkan baik saat menaiki anak tangga maupun setelah sampai di atas. Tembok yang sebagian besar berada di kawasan Koto Gadang ini terbentang di sepanjang Ngarai Sianok.

Tags : #wonderfull indonesia #jam gadang #bukit tinggi
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Minggu 28-07-2024,13:45 WIB

8 Spesifikasi Itel Color Pro 5G

Terkini