Konsumsi Kambing Berlebihan, Ini Efek Negatif dan Penawarnya

Kamis 29-06-2023,19:16 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Konsumsi daging yang berlebihan dapat memunculkan efek negatif bagi tubuh.  Daging kambing menjadi menu wajib pada hari raya Idul Adha, hampir semua orang menikmati berbagai olahan kambing ini. Daging kambing dapat menjadi berbagai olahan seperti sate, gulai, tongseng dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengutip dari buku Mengatasi permasalahan Praktis Beternak Kambing, karya Agus Susanto, daging kambing merupakan sumber zat besi, vitamin E, kolin dan selenium yang baik untuk tubuh.

Banyak juga ahli gizi yang berpendapat bahwa daging kambing sangat cocok menjadi konsumsi orang yang sedang diet. Derajat keasaman daging kambing hampir mendekati pH tubuh manusia, sehingga tubuh dapat menyesuaikan diri dengan mudah.

Mengonsumsi daging kambing akan terasa manfaatnya jika anda konsumsi dalam jumlah yang wajar. Jika berlebihan, justru akan menimbukan banyak efek negatif bagi kesehatan.

Mengkonsumsi terlalu banyak biasanya memicu rasa mual. Kondisi ini muncul akibat reaksi spontan tubuh ketika menghadapi rangsangan yang tidak biasa.

Efek Negatif Konsumsi Daging Kambing Berlebihan

Melansir dari buku Gizi Dasar Plus 30 Resep Makanan Lezat dan Praktis karya Siti Pramitha, berikut ini beberapa bahaya dari konsumsi daging kambing berlebihan:

1.     Naiknya tekanan darah

Menikmati daging kambing secara berlebihan akan menyebabkan naiknya tekanan darah seseorang. Hal ini akan sangat berisiko bagi penderita tekanan darah tinggi. Menurut para ahli, konsumsi daging kambing yang wajar adalah tidak lebih dari 50-70 gram setiap harinya.

2.     Risiko penyakit jantung

Mengonsumsinya dalam jumlah banyak akan meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Ketika dua hal ini naik, risiko penyakit jantung juga menjadi jauh lebih tinggi.

3.     Risiko kanker

Daging kambing merah mengandung zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Jika anda konsumsi secara berlebihan, apalagi jika dengan cara panggang. Risiko terkena kanker akan semakin tinggi.

4.     Risiko gagal ginjal

Mengonsumsinya secara berlebihan juga dapat menigkatkan risiko gagal ginjal. Sifatnya yang sulit tercerna membuat sistem pencernaan dan organ tubuh harus bekerja lebih ekstra. Sehingga risiko gagal ginjal menjadi lebih tinggi.

5.     Sembelit

Daging kambing yang sulit tercerna juga akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan yangberujung pada pengerasan tinja. Selain sulit buang air besar, orang yang mengonsumsinya dlam jumlah berlebihan juga akan mengalami sakit perut hebat.

 

Penawar Setelah Makan Daging Kambing

Mengutip dari Healthline, efek negative dan rasa mual yang timbul setelah konsumsi daging kambing dapat anda netralisir dengan beberapa jenis hidangan, antara lain:

1.     Jus jeruk

Jus jeruk selain menyegarkan juga ampuh sebagai penawar setelah makan daging kambing. Penting anda ketahui, jus jeruk yang anda minum tidak perlu and campur dengan gula. Ini agar fungsinya sebagai penurun kolesterol dapat bekerja secara maksimal.

2.     Air jahe hangat

Sejak dahulu jahe sudah terkenal sebagai obat herbal yang mampu mengatasi masalah pencernaan. Air jahe dapat melancarkan BAB setelah konsumsi daging kambing dalam jumlah berlebihan.

Kandungan dalam jahe juga dapat meningkatkan pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dan memblokir reseptor serotonin pada lapisan usus. Kandungan tersebut dapat menenangkan saraf yang memicu rasa mual setelah makan daging kambing.

3.     Tomat

Buah tomat memiliki banyak khasiat utnuk tubuh. Kandungan likopen dalam tomat mampu menurunkan kolesterol, sehingga buah ini dapat menjadi penawar setelah makan daging.

4.     Buah-buahan

Penawar paling sederhana untuk menetralisir efek negatif setelah makan daging kambing adalah mengonsumsi buah-buahan. Buah yang dapat anda jadikan penawar antara lain pisang, jeruk ,semangka dan alpukat.

5.     Air kelapa

Kandungan gula dalam air kelapa mampu menambah energi tubuh yang lemah dan menghilangkan sensasi mual atau ingin muntah setelah makan. Jika anda terlanjur muntah,air kelapa juga mampu membantu tubuh untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat.

BACA JUGA:Cukup 21 Bahan, Anda Bisa Membuat Tongseng Kepala Kambing yang Lezat

Itulah beberapa efek negatif yangmuncul akibat mengonsumsi daging kambing berlebihan dan beberapa minuman penawarnya. (*)

 

 

Kategori :