Mencuci Mobil Tanpa Sabun, Gak Percaya? Hasil Kinclong dan Mengkilap

Rabu 28-06-2023,06:22 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Mencuci mobil sudah menjadi kewajiban bagi para pemilik mobil. Apalagi pada saat musim hujan, mobil akan sangat mudah kotor.  

Memang pada saat ini tempat pencucian mobil sangat banyak dan dapat dengan mudah kita temukan. Namun, anda juga dapat melakukannya sendiri dengan hasil yang tidak kalah bagusnya dengan tempat pencucian mobil.

Terkadang anda enggan untuk pergi ke tempat pencucian mobil yang seringkali anda harus mengantri dan menunggu cukup lama.

Untuk mendapatkan hasil cucian yang kinclong, mengkilat dan cat tidak pudar, anda kami anjurkan untuk mencuci mobil tanpa menggunakan sabun.   Sebab zat kimia yang ada dalam sabun dapat membuat lapisan kilap mobil rusak.tentu yang tidak tersedia sabun pencuci mobil.

Sabun yang mengandung deterjen bisa membuat cat mobil cepat rusak. Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam memilih sabun untukm mencuci mobil.

Bagi anda yangtidak mau mengambil risiko cat mobil rusak karena sabun, anda bisa mencoba cara mencuci mobil tanpa menggunakan sabun. Hal ini juga bisa anda lakukan apabila dalam situasi te

Cara mencuci mobil yang benar tidak hanya membersihkan badan mobil dari kotoran saja. Tetapi anda juga harus memperhatikan cat mobil agar tidak menimbulkan baret atau cacat.

Berikut kami bagikan cara mencuci mobil tanpa sabun agar hasilnya tetap kinclong, mengkilap dan cat tidak rusak.

Cara Mencuci Mobil Tanpa Sabun

Banyak yang menyebutkan bahwa mencuci mobil dengan benar menggunakan sabun atau shampo pencuci mobil yang tepat.   Namun, ternyata bisa juga anda lakukan cuci mobil tanpa menggunakan sabun yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tempat pencucian mobil.

1.     Tahap Pencucian

Pada tahap ini, pastikan anda siram seluruh badan mobil menggunakan ar bersih dari selang atau jet wash. Anda mulai bersihkan bagian bawah mobil seperti bemper, pelek, ban dan lainnya.

Usahakan untuk tetap hati-hati dan sabar saat menghilangkan kotora atau pasir yang menempel. Barengi dengan menyirakan air mengalir ke atasnya saat membersihkan kotoran tersebut.

Anda harus ingat, hindari mengelap mobil tanpa dengan kucuran air. Hal ini dapat membuat cat mobil dapat tergores. Setelah itu, siram kembali badan mobil menggunakan air mengalir.

Berikutnya, gunakan lap lembut ata wash mitt atau kanebo untuk anda celupkan   ke ember air yang sudah anda campur shampoo. Kemudian mulailah bersihkan bagian paling atas hingga bagaian bawah dengan cepat juga teratur.

2.     Tahap Pembilasan

Pada tahap pembilasan ini anda kami anjrkan untuk menggunakan lap berbeda. sebab, lap bekas cuci kemungkinan masih mengandung shampo. Bilas mobil dengan kucuran air mulai bagian paling atas sampai bawah dan jangan berhenti sebelum selesai. Perlu anda ingat, pembilasan yang tidak bersih dapat menyisakan residu berbahaya bagi kesehatan cat bodi mobil anda.

3.     Tahap Pengeringan

Pada tahap pengeringan atau tahap terakhir ini anda kami anjurkan menggunakan kanebo atau kain yang lembut. Lakukan langsung pegeringan tepat setelah sepesai proses pembilasan. Anda kami sarankan menggunakan lap basah dan hindari menggunakan lap kering. Setelh menyerap banyak air, kemudian anda peras lalu anda gunakan lagi.

Ulangi proses tersebut hingga selesai dan sampai anda yakin mobil sudah dlam kondisi benar-benar kering dan tidak menyisakan genangan air.

BACA JUGA:Siapa Bilang Daun Pepaya Selalu Pahit? Ini lho Cara Memasaknya

Demikian informasi mengenai tips cara mencuci mobil tanpa menggunakan sabun namun hasilnya tetap kinclong, mengkilap serta tidak merusak cat ataupun lecet. Selamat mencoba. (*)

Kategori :