Siapa Bilang Daun Pepaya Selalu Pahit? Ini lho Cara Memasaknya

Rabu 28-06-2023,04:22 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Banyak orang yang meyakini jika daun pepaya memiliki rasa yang pahit menjadi olahan apapun. Rasa daun papaya yang pahit sudah menjadi ciri bagi sebagian besar orang pada umumnya.

Karena rasa pahit ini, banyak orang yang merasa sulit untuk menikmatinya. Padahal, kandungan enzim dlam daun papaya ini bersifat anti kanker, meningkatkan sistem imunitas tubuh, menghambat pertumbuhan bakteri dan lainnya.

Namun, anda tidak perlu khawatir dengan rasa yang pahit daun papaya. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengolahnya hingga menghilangkan rasa pahit tersebut.

Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Rasa pahit memang salah satu rasa yang tidak bersahabat dengan lidah. Itu sebabnya banyak orang menghindari mengonsumsi daun papaya meskipun tahu memiliki banyak manfaat.

Untuk menghilangkan rasa pahitnya, anda dapat mencoba langkah memasak daun ini seperti ini:

1.     Rebus dengan Daun Jambu

Cara memasak yang pertama adalah dengan merebus daun ini bersamaam dengan daun jambu. Rebus keduanya secara bersamaan hingga layu dan bertekstur empuk. Jika sudah, angkat dan tiriskan kemudian pisahkan daun jambu dan papaya. Setelah itu daun papaya siap anda olah menjadi masakan yang anda inginkan.

2.     Rebus dengan Tanah Liat

Cara seperti ini jarang orang gunakan, yaitu merebus daun papaya dengan tanahn liat. Caranya dengan mencampurkan daun ini dengan tanah liat atau tanah lempung yang bersih. Rebus bersamaan hingga empuk, kemudian tiriskan dan bilas dengan air bersih. Pastikan tidak ada tanah liat yang masih meempel pada daun pepaya tadi.

3.     Remas dengan Garam Kasar

Cara selanjutnya yaitu dengan meremas dengan garam kasar. Langkah ini dapat anda lakukan dengan mencampur daun pepaya dengan garam kasar, lalu anda aduk sambil anda remas-remas. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Setelah bersih siap untuk anda olah.

4.     Rebus dengan Asam Jawa

Cara memasak agar tidak pahit selanjutnya adalah dengan cara merebus bersamaan dengan asam jawa. Asam jawa bukan hanya dapat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya ini, tetapi juga membuat rasanya lebih sedap.

5.     Rebus dengan Daun singkong

Daun pepaya ataupun daun singkong keduanya bisa menjad hidangan yang menggugah selera anda.  

Untuk menghilangkan rasa pahit    daun ini menggunakan daun singkong dapat anda lakukan dengan merebusnya secara bersamaan. Setelah empuk, tiriskan dan pisahkan kemudian siap anda olah menjadi hidangan sesuai selera anda.

Manfaat Daun Pepaya

Sebagai tambahan, perlu anda ketahui juga beberapa manfaat dari daun pepaya bagi kesehatan tubuh anda.  Pepaya adalah sejenis pohon tropis yang menghasilkan buah Sali Meksiko dan wilayah utara Amerika Selatan.

Buah, biji dan daunnya sering orang gunakan   dalam berbagai praktik kuliner dan pengobatan tradisional. Daun ini memiliki berbagai kandungan yang dapat menunjang kesehatan tubuh anda.

1.     Mengatasi Gejala Demam Berdarah

Mengutip dari Centers for Disease Control and prevention, demam berdarah menyebabkan gejala seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual muntah dan ruam kulit. Dalam kasus yang parah mengakibatkan penurunan kadar trombosit dalam darah.

Tingkat trombosit yang rendah dapat berkontribusi pada peningkatan risiko pendarahan dan berpotensi fatal jika tidak tertangani. Mengnsumsinya secara sigifikan meningkatkan kadar trombosit darah.

2.     Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Hypoglycemic effect of Carica papaya leaves in stereptozotocin induced diabetic rats. Daun pepaya seringorang gunakan untuk mengbati diabetes dan meningkatkan   kontrol gula darah. Ekstra daun ini mengandung tinggi antioksidan yang dpat memberikan efek penurun gula darah.

3.     Mendukung Sistem Pencernaan

Teh dan ekstrak daun ini sering orang gunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala gangguan pencernaan. Daun ini mengandung serat, yaitu nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat. Daun ini juga mengandung senyawa unik yang bernama papain.

Papain dapat memecah protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah untuk anda cerna.

BACA JUGA:Bau Gak Enak Namun Sejuta Manfaat, Ini Dia Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Demikian cara memasak daun pepaya agar tidak pahit serta manfaat yang dapat anda peroleh dari mengonsumsinya. Semoga bermanfaat. (*)                  

Kategori :