Lawan Overthingking Dengan Langkah-Langkah Ini

Selasa 20-06-2023,13:27 WIB
Reporter : Denis Saputra
Editor : Denis Saputra

DISWAYJATENG.ID - Overthinking adalah suatu kondisi dimana seseorang yang terlalu banyak memikirkan sesuatu, sehingga membuat ia merasa cemas dan khawatir yang berlebihan. Orang yang mengalami overthinking seringkali juga sulit untuk melepaskan pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam benaknya.

Tanda-tanda orang yang mengalami overthinking adalah: termasuk kesulitan tidur atau insomnia, mudah marah serta merasa lelah secara fisik maupun mental karena selalu memikirkan satu masalah secara terus-menerus.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melawan overthinking:

1. Kenali pola pikir overthinking

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melawan overthingking adalah s adari terlebih dahulu kapan Anda sedang terjebak dalam pola pikir overthinking. Perhatikan tanda-tanda seperti mengulang-ulang pikiran negatif, meragukan diri sendiri, atau menciptakan skenario yang buruk.

2. Tetapkan batasan waktu

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk melawan penyakit overthingking adalah anda bisa memb erikan diri Anda batasan waktu untuk memikirkan masalah atau situasi tertentu. Misalnya, Anda dapat mengatur waktu 15 menit untuk memikirkan masalah tersebut, kemudian berkomitmen untuk tidak memikirkannya lagi sampai waktu yang telah ditentukan tiba.

3. Fokus pada solusi

Selanjutnya anda bisa menga lihkan perhatian Anda dari memikirkan masalah yang tidak dapat Anda kontrol, dan fokuslah pada mencari solusi yang konstruktif. Identifikasi langkah-langkah konkret yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Latihan mindfulness

Lalu untuk melawan overthingking anda juga bisa memp raktikkan latihan mindfulness atau meditasi untuk membantu mengendalikan pikiran yang berlebihan. Latihan ini dapat membantu Anda mengalihkan perhatian dari pikiran yang tidak diinginkan ke pengalaman saat ini.

5. Tetap aktif

Langkah kelima ini ada harus tetap produktif. Anda bisa bero lahraga dan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Coba luangkan waktu untuk berjalan-jalan, berlari, atau melakukan aktivitas fisik lain yang Anda sukai.

6. Tulis jurnal

Selanjutnya anda juga bisa m enulis jurnal yang dapat membantu melepaskan beban pikiran yang berlebihan. Sediakan waktu setiap hari untuk menulis pikiran, perasaan, dan kekhawatiran Anda. Ini dapat membantu Anda memproses emosi dan mengurangi kecenderungan untuk terjebak dalam lingkaran pikiran negatif.

7. Cari dukungan

Dan anda juga tidak perlu malu untuk mencari dukungan kepada orang di sekitar anda. Bicarakan kekhawatiran dan kecemasan Anda dengan orang terpercaya, seperti teman dekat atau anggota keluarga. Mendapatkan sudut pandang dan dukungan dari orang lain dapat membantu mengurangi tekanan dan memberikan perspektif baru.

8 Terlibat dalam aktivitas menyenangkan

Langkah yang terakhir adalah anda bisa m e nem ukan waktu untuk melakukan kegiatan yang Anda nikmati, seperti membaca buku, menonton film, mendengarkan musik, atau menggambar. Aktivitas ini dapat membantu merilekskan pikiran dan mengalihkan fokus dari overthinking.

M engatasi overthinking merupakan proses yang membutuhkan waktu dan latihan. Jika masalah berlanjut atau mempengaruhi kesejahteraan Anda secara signifikan, penting juga untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental seperti psikolog atau psikiater.

Kategori :