Kuliner Khas Brebes Yang Enak dan Gurih Yang Wajib Anda Coba

Senin 19-06-2023,13:39 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

DISWAYJATENG.ID - Kuliner Khas Brebes Yang Enak dan Gurih Yang Wajib Anda Coba. Brebes ini bukan hanya terkenal dengan telur asinnya yang melegenda, tetapi tersedia pula beragam wisata kuliner lezat yang layak Anda coba saat berkunjung. Kabupaten Brebes berada pada Provinsi Jawa Tengah bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya saja tetapi juga wisata kulinernya. 

Saat berkunjung ke Brebes tidak afdol rasanya bila tidak merasakan makanan khas daerah tersebut. Dan tak jarang orang-orang yang melewati kabupaten ini selalu menyempatkan diri untuk mampir sejenak demi menyantap kuliner Brebes. Beragam aneka olahan dengan cita rasa yang enak dan lezat banyak tersajikan pada rumah makan dan pusat jajanan oleh-oleh. 

Menariknya, pada setiap olahan punya karakteristik berbeda dengan bumbu sangat khas. Ada yang bakar, dengan memberinya kuah, tumis dan menggorengnya. Semuanya tersajikan dalam tampilan yang menarik pandangan mata.

Kuliner Khas Brebes Yang Enak dan Gurih Yang Wajib Anda Coba

Kebersihan dan kualitas bahan serta bumbu yang menggunakannya menjadi prioritas utama, selain rasanya yang nikmat. Harga setiap porsinya sangat bersahabat dan tidak menguras isi kantong pula. Untuk pilihannya juga sangat banyak, menyesuaikan selera wisatawan. Supaya memudahkan wisatawan dalam berwisata kuliner.

Berikut ini rekomendasi wisata kuliner Brebes yang paling populer.

1. Rujak Belut

Ini seperti namanya, bahan utamanya rujak ini yaitu Belut. Varian lain dari olahan belut dengan rasanya yang nikmat. Walaupun tergolong unik dan berbeda dari rujak pada umumnya, namun menu ini menjadi idaman beberapa wisatawan saat bertandang ke Brebes.

Bahan yang tersedia untuk membuat rujak terdiri dari cabai rawit, gula jawa, kecap, asam jawa, kacang tanah, jahe, garam dan terasi. Dan Semua bahan ini menguleknya agar cita rasanya semakin terasa. Proses pengulekan tidak harus sampai halus supaya ada sensasi seru saat menyantapnya.

Bahan utama belut ini dari hasil tangkapan olahan sawah dan mencucinya sampai bersih dan menggorengnya sampai matang. Belut yang sudah matang lalu memotongnya sebesar jari kelingking lalu melumurinya dengan bumbu rujak yang sudah menghaluskannya tadi. 

Jaminan rasanya sangat enak dan menggiurkan lidah. Belut sendiri mempunyai kandungan protein tinggi dan bermanfaat sekali untuk meningkatkan stamina.

2. Kupat Glabed

Menu olahan kupat satu ini tidak akan menemukannya pada daerah lain, karena Kupat Glabed adalah salah satu masakan kebanggaan Brebes. Harga satu porsinya 15,000 rupiah saja. Semakin nikmat lagi bila menyantapnya dengan tambahan lauk pauk lain dan minuman segar.

Kupat Glabed ini menghidangkannya dengan menggunakan sayur dari daun pepaya muda dan santan kuning. Santan yang telah terguyur lalu memasaknya dengan menggunakan kunyit hingga warnanya nampak kuning seperti kuah opor. 

Pada bagian atasnya sering memberinya dengan taburan bawang goreng dan kerupuk untuk menambah rasa enak makanan. Untuk bisa membedakan kupat ini dari kupat lainnya yaitu potongan daging sapi berbentuk dadu dalam piringnya. 

Kategori :