Ini Dia Berbagai Penyebab Terjadinya Penipisan Pada Kulit Kita

Senin 19-06-2023,12:21 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Kulit merupakan yang memberikan peerlindungan proteksi terluar pada bagi an tubuh kita sehingga kita harus merawat kulit . Bagian o rgan terbesar pada tubuh kita ini tersusun atas beberapa lapisan yang hadir dengan berbagai peran.

Epidermis yang merupakan lapisan terluarlah yang bertanggung jawab untuk melindungi kulit kita dari benda asing seperti kotoran atau bakteri. Karenanya kondisi epidermis harus tetap optimal agar bisa melindungi secara maksimal.

Karena kulit sangat penting berperan dalam melindungi tubuh kita agar tubuh kita tetep sehat dan terlindung dari bakteri. Akan tetapi jika gaya hidup yang kotor akan berakibat fatal yang terjadi pada kulit.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas berbagai penyebab kenapa terjadi penipisan pada kulit kita, antara lain:

 

1. Gaya hidup yang tidak sehat

Selain meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan pembuluh darah hingga memicu kematian dini . Faktor ketika gaya hidup tidak sehat juga berdampak pada kesehatan kulit kita .

Seperti g emar meng konsumsi makanan tinggi energi dan lemak dan jarang makan buah serta sayu r. Bahkan jika kita sering bergadang serta tidak banyak bergerak menjadi faktor risiko penipisan kulit. 

Penyebab yang terjadi pada kulit yang menipis menjadi lebih sensitif sehingga rentan memar terluka serta rapuh.

 

2.   Sering m erokok dan men konsumsi minuman alkohol

K etika kita k ebiasaan merokok dan meng konsumsi alkohol kita ketahui akan mempercepat proses penipisan pada kulit . Menurut studi literatur dalam  The Journal of Clinical and Aesthetical Dermatology  pada 2019.

Dalam s tudi tersebut memaparkan rokok dan alkohol merusak lapisan kulit serta memicu kerutan, dan membuat kulit terlihat kendur.

 

3. Proses penuaan

K e tika kita se iring bertambahnya usia maka kulit akan menjadi semakin tipis. Menurut dokter kulit sekaligus ketua departemen riset klinik New York Medical College Shoshana Marmon, MD, PhD .

Menurut beliau proses regenerasi kulit pada lapisan epidermis melambat akibat terjadinya penuaan. Selain itu produksi kolagen atau protein yang berperan mengencangkan kulit berkurang signifikan .

Maka dari itu kedua faktor ini memicu penipisan kulit saat seseorang mengalami masa menua. Bahkan hal i ni merupakan proses alami pada tubuh yang gak bisa dihindari.

Akan tetapi ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan. Mulai dari menggunakan scincare yang mengandung retinol untuk menstimulasi produksi kolagen, dan mengadaptasi gaya hidup sehat.

 

4. Terkena p aparan sinar matahari

Tidak bisa kita pungkiri sinar matahari membawa banyak manfaat bagi tubuh kita . Bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik, sinar matahari juga kita kaitkan dengan peningkatan suasana hati.

Karena sinar matahari dapat menstimulasi produksi vitamin D yang berperan dalam meregulasi suasana hati. Akan tetapi siapa kita sangka sinar matahari bisa menjadi musuh yang bersifat destruktif bagi tubuh ter utamanya kulit.

Sebab sinar UV dapat merusak kolagen dan serat elastin pada kulit sehingga menyebabkan penipisan hingga memicu kerutan pada kulit .

 

5. Banyak p enggunaan obat-obatan

Ketika kita mengkonsumsi o bat-obatan seperti steroid topikal yang berperan untuk mengurangi peradangan berisiko memicu penipisan kulit . Bahakan s ebagai efek sampingnya jika kita gunakan dalam jangka panjang.

Menurut Medical News Today karena lantaran steroid menyebabkan ukuran sel epidermis mengecil sehingga kulit tampak kendur. Biasanya o bat ini ada dalam bentuk krim yang mengatasi permasalahan kulit seperti eczema. 

Selain steroid topikal obat-obatan seperti aspirin dan obat-obatan anti-inflamasi non-steroid . Antara lain seperti ibuprofen juga memberikan efek samping serupa apabila kita konsumsi dalam waktu lama. 

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Manfaat Daun Bidara Antaranya Untuk Kecantikan

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai penyebab terjadinya penipisan pada kulit kita, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :