Gak Usah Bingung! Begini Cara Menyulap Ruang Tamu Kecil Menjadi Luas

Sabtu 17-06-2023,19:45 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Ukuran ruang tamu  kecil kadang menyulitkan si pemilik rumah dalam hal penataannya. Meskipun tidak luas, anda bisa membuatnya menjadi lebih nyaman dengan cara menata ruang tamu kecil agar terlihat lebih lega.

Mengisi ruang tamu dengan hiasan yang estetik menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, jika ruang tamu berukuran kecil tentu banyak hal yang perlu kita pertimbangkan.

Ruang tamu biasanya menjadi ruang pertama yang akan tamu kunjungi saat memasuki rumah anda. Karena biasanya rauangan yang satu ini terletak pada bagian paling depan rumah. Bahkan, dalam beberapa kondisi ruang tamu biasanyaberfumgsi jugasebagai ruang keluarga.

Tapi tak perlu pusing, ada beberapa cara menata ruang tamu kecil agar terasa lebih lega. Berikut penjelasannya.

1.        Sofa dan Perabotan Multifungsi

Saat anda mencari perabotan dan sofa. Coba cari yang multifungsi untuk memaksimalkan area ruang tamu. Hindari perabotan yang hanya sekedar hiasan. Usahakan semua memiliki kegnaan atau bahkan fungsi ganda.

Misalnya untuk lemari, usahakan yang mempunyai banyak laci untuk menyimpan buku atau majalah. Jika anda memsang TV , ushakan pasang yang bisa itempel ditembok sehingga tidak memakan ruang lagi.

2.        Cat dengan Warna Cerah

Selain memilih furniture ruang tamu, anda bisa mengecat ruang tamu dengan warna cerah, missal putih, krem muda atau biru langit. Alasannya, warnacerah lebih memberi kesan lapang pada ruangan. Agar tidak terlalu berlebihan, anda bisa padukan dengan warna netral seperti putih. Selain menampilkan kesan yang bersih, warna putih juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan.

3.        Perabotan Warna Netral

Selain bentuknya yang minimalis, pemiliha warna perabotan yang cenderung netral juga dapat memberikan efek lapang pada ruangan.

4.        Gunakan Cermin

Salah satu trik membuat ruangan jadi lebih luas adalah dengan memasang cermin. Ilusi optic yang menampilkan refleksi ruangan tentu bisa jadi cara mudah untuk ruang tamu kecil. Tidak ada spesifikasi cermin khusus untuk trik ini. Bentuk apapun dengan ukuran medium bisa jadi pilihan tepat. Meletakkan cermin akan memberikan tampilan luas pada ruang tamu anda. Tidak hanya itu, tren mirror selfie yaitu swa foto depan cermin sedang menjadi tren terkini yang orang lakukan.

Anda bisa meletakkan cermin pada dinding ruang tamu untuk memberikan kesan yang lebih estetik.

5.        Manfaatkan Cahaya Alami

Posisi ruang tamu yang kebanyakan berada pada bagian depan rumah umumnyamemiliki jendela yang mengarah keluar. Agar terasa lebih lega bukalah jendela ruang tamu tersbut. Membuka jendela juga bagus untuk sirkulasi udara pada ruang tamu, jadi akan terasa lebih sejuk.

6.        Pilih Tanaman Hidup sebagai Hiasan

Untuk mempercantik ruang tamu kecil, coba letakkan bebrapa pot tanaman. Tanaman ini akan memberi nuansa asri dan nyaman pada ruang tamu.

7.        Lukisan Dinding sebagai Sentuhan Akhir

Anda bisa menambah beberapa hiasan berupa lukisan, karya seni atau kolase potopda dinding ruang tamu kecil. Tidak perlu terlalu mahal, banyak dekorasi seni yang murah dan bisa menjadi hiasan cantik pada ruang tamu kecil anda.

8.        Menggunakan sofa Minimalis

Anda bisa meninggalkan bahan kulit yang terkesan tua, anda bisa beralih kepada sofa minimalis berbahan kain lembut. Biasanya, sofa minimalis berbahan halus ini memiliki kesan simple dan kekinian. Selain itu, bahan velvet juga cukup mudah dalam perawatannya.

BACA JUGA:Kabel Berserakan Bisa Ancam Keselamatan Pengguna, Begini Cara Merapikannya

Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi dengan ruang tamu sempit anda. Selamat mencoba.(*)

 

 

Kategori :