Nikmatnya Soto Tauco Khas Tegal, Makanan yang Sedap dan Menggugah Selera

Sabtu 17-06-2023,11:43 WIB
Reporter : Agus mutaalimin
Editor : Agus mutaalimin

DISWAYJATENG.ID - Nikmatnya Soto Tauco Khas Tegal, Makanan yang Sedap dan Menggugah Selera. Tegal dengan segala macam Anrka ragam kulinernya,bila beberapa daerah di Indonesia ini belum ada soto lain yang menggunakan tauco sebagai bahan khasnya.

Kalaupun tumis kangkung menggunakan tauco , pernah menemuinya pada beberapa daerah. Tetapi kalau soto, rasanya ya baru di Tegal.Sesuai dengan namanya, untuk ciri khas soto Tegal ini adalah sambal tauco. Soto yang berkuah pekat ini memiliki perpaduan rasa gurih, pedas, manis, dan sedikit asam. 

Dan biasanya, apabila makan soto tauco di Tegal, pedagang akan menyajikannya dalam mangkuk kecil dengan sendok bebek. Isian soto yang begitu melimpah,ini akan terlihat dengan jelas. Dengan warna kuahnya yang pekat kecokelatan, perpaduan manis dengan taburan suwiran daging sapi , ayam ataupun babat goreng. 

Nikmatnya Soto Tauco Khas Tegal, Makanan yang Sedap Nikmat dan Menggugah Selera

Soto yang juga melengkapinya dengan soun dan tauge rebus ini pun terlihat makin sedap dengan taburan daun bawang serta bawang goreng. Soto Tauco khas Tegal ini dengan isian daging dan babat maupun Iso (istilah namanya usus).  Soto Tauco khas Tegal dengan isian daging dan babat.  

Namun sayang, sejak pandemi, hampir dua tahun belum bisa mampir ke Tegal untuk sekedar mencicipi dan menikmati sedapnya soto tauco tersebut.

Berikut gambaran resep pembuatan Soto Tauco Tegal.

Bahan-bahan:

1/2 kg daging ayam

2 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

2 liter air

1/2 sdm garam

1 sdt lada putih halus

1 sdt gula pasir

Tags : #soto tegal
Kategori :