Ini Dia 3 Manfaat Vanila Untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu 17-06-2023,10:04 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –   Vanila merupakan rasa yang kita dapatkan dari ekstraksi tanaman vanili dan kita sudah tidak asing mendengar rasa vanila . Bahkan e kstrak vanili banyak ter produksi terutama pada Madagaskar, juga ter produksi pada China, Meksiko, Papua Nugini, termasuk Indonesia.

Mungkin kalian sering menemukan vanila  sebagai salah satu varian rasa dari es krim, puding, atau olahan bahan lainnya. Vanila merupakan salah satu rasa yang paling populer pada dunia karena rasa manis dan aromanya yang khas.

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Kecap

Vanila juga t idak hanya untuk penyedap rasa, ekstrak vanili juga kita gunakan dalam parfum, pengharum ruangan, dan produk farmasi. Seperti yang kita tahu v anila sendiri juga merupakan salah satu rempah yang tidak murah.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas 3 manfaat vanila untuk kesehatan, antara lain:

 

1. Memiliki sifat antiinflamasi

Pada p eradangan atau inflamasi  merupakan bagian penting dari respons imun yang normal. Namun juga peradangan kronis juga bisa menjadi tanda beberapa masalah kesehatan yang tubuh kita alami .

Mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan senyawa antiinflamasi seperti ekstrak vanila sangat baik untuk mengurangi peradangan . Bahakan tidak hanya itu saja vanila juga bermanfaat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

B anyak meneliti dalam studi terhadap tikus untuk meneliti bagaimana manfaat ekstrak vanila, khususnya senyawa vanilin sebagai agen antiinflamasi. Menurut H ealthline suplemen vanilin oral telah terbukti dapat mengurangi penanda inflamasi pada darah dan jaringan hati tikus.

Selanjutnya perawatan oral dengan vanilin juga dapat mengurangi peradangan pada kulit . Bukan hanya itu v anilin juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat peradangan.

Akan tetapi studi penelitian lebih lanjut kita perlukan untuk memastikan manfaat ekstrak vanila tersebut pada manusia.

 

2. Merupakan alternatif gula yang baik

Ekstrak vanila merupakan pengganti gula yang baik karena memiliki kalori dan karbohidrat yang lebih sedikit daripada gula. Ketika kita m engganti gula dengan vanila juga dapat mengurangi kadar glukosa darah .

Bahkan vanila ikut serta mendukung pola hidup yang sehat sehingga baik untuk  kesehatan jantung kita . B anyak penelitian membuktikan menggunakan bubuk vanila dalam makanan atau minuman dapat membantu mengurangi asupan gula tambahan bagi tubuh.

Studi dalam jurnal  Foods 2020 yang mereka lakukan terhadap 129 orang dewasa . Mereka menyimpulkan bahwa menambahkan aroma vanila ke minuman dapat meningkatkan rasa manis yang kita rasakan.

Bukan hanya itu penelitian dalam jurnal  Food Research International  2020 juga menyatakan bahwa dari 112 yang mereka t eliti . L ebih dari 80 persen subjek penelitian mengatakan bahwa penambahan vanila pada makanan penutup berbasis susu lebih mereka sukai.

Dengan begitu vanila bisa menggantikan gula pada aneka makanan atau minuman manis yang sangat berguna untuk tubuh kita .

 

3. Memiliki banyak senyawa antioksidan

Ternyata vanilla juga mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat antioksidan  yang bermanfaat untuk tubuh . Antioksidan sendiri dapat membantu menghambat serta melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Vanilin dan asam vanilat pada ekstrak vanila memiliki potensi antioksidan dan dapat melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif. Dari b eberapa penelitian terhadap tikus juga menemukan bahwa vanilin dapat melindungi kerusakan hati dan kerusakan oksidatif terkait usia.

Bukan hanya itu v anilin juga dapat melindungi tikus terhadap kondisi hepatotoksisitas akibat obat. V anilin juga dapat melawan radikal bebas yang menyerang tubuh kita .

Dengan banyak nya radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan dapat berperan dalam mengembangkan kanker serta masalah kesehatan lainnya. Salah satu studi penelitian dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity  2016 m ereka akan m enyatakan .

Jika produk yang mengandung vanilin seperti ekstrak vanila, dapat membantu menghambat radikal bebas yang menyebabkan  tumor. Karena vanilin merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan antitumor yang baik.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 3 manfaat vanila untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat. (*)

Kategori :