Ini Dia Berbagai Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Kecap

Jumat 16-06-2023,22:04 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID –   Kecap merupakan bumbu penyedap makanan yang sangat populer kita gunakan dalam berbagai masakan, termasuk masakan Indonesia sering menggunakan kecap . Menurut sejarah kecap telah ada sejak 2000 tahun yang lalu pada Negara China.

Berbagai j enis kecap sendiri sudah cukup beragam mulai dari kecap asin hingga kecap yang manis. Bahkan s elain menambah peny edap masakan k ecap juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan untuk tubuh kita .

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Sayur Turnip Untuk Kesehatan

Maka dari itu kali ini kita akan membahas berbagai manfaat kecap untuk kesehatan, antaranya adalah:

 

1.   Sumber natrium yang baik

Natrium merupakan mineral penting yang tubuh perlukan untuk berbagai fungsi seperti transmisi saraf dan mengatur tekanan darah. Untuk orang dewasa yang sehat memiliki batas atas sebesar 2.300 miligram (mg) natrium setiap harinya.

Sementara itu dalam satu sendok teh kecap asin jenis tamari terkandung sekitar 335 mg sodium . Kemudian kecap juga memiliki kandungan natrium yang lebih sedikit dari pada dengan garam. Oleh sebab itu ketika kita menggunakan kecap bisa sebagai pengganti garam yang  bisa membantu mengurangi asupan natrium tanpa mengurangi rasanya.

 

2. Dapat meningkatkan pencernaan

Mengkonsumsi k ecap juga dapat meningkatkan  pencernaan   karena sifat  probiotik  yang ada mikroorganisme yang kita gunakan dalam proses fermentasi. Polifenol dalam kecap dapat membantu proses mencerna makanan.

Penelitian terhadap kecap Jepang atau  shoyu  menemukan bahwa asupan satu cangkir kecap tersebut dapat meningkatkan sekresi cairan lambung . Serta dapat meningkatkan kualitas pencernaan .

 

3. M emiliki efek antitumor dan antikanker

Kecap juga memiliki efek antitumor dan bisa memberi perlindungan dari beberapa  kanker . S eperti antaranya kanker prostat, payudara, dan endometrium pada penggunaan jangka panjang.

 

4. Dapat menurunkan kolesterol

Asupan sekitar 25 gram protein kedelai setiap harinya menyebutkan dapat membantu mengurangi kadar  kolesterol . Peptida bioaktif dalam kedelai juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat .

 

5. Dapat mengurangi tekanan darah

Dalam kecap yang ter buat secara alami terdapat kandungan nikotinamin, yakni komponen penghambat enzim pengubah angiotensinogen-I . M erupakan kunci untuk meningkatkan tonus pembuluh darah.

Menurut News Medical Life Sciences kandungan nikotinamin tersebut mungkin merupakan alasan mengapa kecap asin tidak meningkatkan tekanan darah .   M eskipun konsentrasi garamnya tinggi dan memiliki rasa asin.

 

6. Memiliki sifat antioksidan

Dari be berapa penelitian juga menyatakan bahwa kecap mengandung  antioksidan  alami yang cukup banyak. Karenanya kandungan dalam kecap memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas oleh tubuh.

Radikal bebas sendiri dapat mempercepat proses penuaan serta meningkatkan risiko penyakit jantung, dan penyakit kanker.

 

7. Memiliki aktivitas antiinflamasi

Dalam kandungan k ecap juga mengandung berbagai senyawa bioaktif seperti asam fitat, isoflavon, protease inhibitor yang memiliki efek antikolitik. Kecap   juga mengandung natrium yang cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan efek samping yang buruk apa bila kita konsumsi secara berlebihan.

Namun meng konsumsi yang cukup dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

 

8. Memiliki sifat antialergi

Studi menunjukkan bahwa kecap memiliki sifat antialergi yang dapat membantu mengobati alergi yang penyebabnya oleh konsumsi makanan tertentu.

Kemudian dalam studi garis sel yang menemukan bahwa polisakarida shoyu yang ter produksi selama proses fermentasinya mengandung kemampuan antialergi cukup kuat. Selanjutnya penelitian terhadap manusia juga menunjukkan bahwa orang dengan  alergi yang mengonsumsi kecap mengalami perbaikan kondisi .

 

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai manfaat kecap untuk kesehatan tubuh kita, semoga bisa bermanfaat. (*)

Kategori :