Buang Air Besar Berdarah? Jangan Panik, Amati Dulu Penyebabnya

Jumat 09-06-2023,22:24 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Buang air besar berdarah menjadi pengalaman yang mengkhawatirkan tentunya.  Tak jarang keluarnya darah tidak bersama rasa sakit. Kadang orang baru tahu jika BAB berdarah ketika menggunakan tisu toilet.

Meski terlihat berbahaya, bercampurnya darah dalam BAB sebenarnya tidak selalu menandakan adanya penyakit yang serius. Meski begitu, penting untuk memastikan  dulu apa yang menjadi penyebab BAB berdarah dengan pergi ke dokter.

Darah dalam tinja sering kita ketahui setelah buang air besar. Kondisi ini menandakan adanya pendarahan pada saluran pencernaan, mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil ataupun usus besar.

Tak jarang pula darah yang keluar sangat sedikit dan tipis sehingga tidak terlihat secara kasat mata. Buang air besar berdarah juga tidak selalu terasa sakit, tergantung penyebabnya.

Untuk mengetahui sumber pendrahan ini, bisa anda cek dari warna darah yang keluar. Bila warnanya gelap kehitaman, ada kemungkinan saluran pencernaan bagian atas bermasalah seperti lambung.

Sedangkan bila warna darah terang, kemunginan besar pemicunya adalah pendarahan pada saluran pencernaan bawah sepeti usus besar atau rectum.

BAB berdarah tidak selalu menandakan ada penyakit yang berbahaya. Terkadang penyebabnya sederhana, seperti mengejan terlalu kuat lantaran sulit BAB atau sembelit.

Selain itu, penggunaan obat tertentu juga bisa memunculkan darah dalam tinja. Tapi bisa jadi penyebabnya lebih serius dari wasir atau ambeien, infeksi usus hingga kanker usus besar.

Maka dari itu, ketika anda mengalami BAB berdarah entah berwarna terang ataupun gelap, sedikit atau banyak sebaiknya segera datangi dokter untuk mendapat penanganan.

BAB keluar darah bukan kejadian yang normal. Hanya dokter yang bisa memastikan masalah kesehatan yang menyebabkan munculnya darah ketika BAB.

Penyebab BAB Berdarah

Penyebab BAB berdarah yang paling lazim adalahhemorhoid alias wasir. Gejalanya antara lain gatal, keluar lendir dan sakit saat BAB. Tapi buang air besar berdarah bisa juga tidak dengan rasa sakit. Penyebabnya antara lain :

  1. Penyakit menular seksual
  2. Efek samping obat pengencer darah seperti aspirin atau warfarin
  3. Pecahnya pembuluh darah pada usus
  4. Polip usus
  5. Tanda awal kanker usus

Sekali lagi perlu pemeriksaan dokter untuk mendiagnosis atas pasien yang mengeluhkan buang air besar berdarah baik yang sakit ataupun tidak. Berikut beberapa penyebabnya :

1. Fisura ani

Robekan kecil pada lapisan anus, mungkin akibat dari sembelit, susah buang air besar.

2. Penhyakit Chrohn atau colitis

Kategori :