4 Cara Menghilangkan Milia dengan Perawatan Sederhana di Rumah,

Jumat 09-06-2023,18:02 WIB
Reporter : Emilda
Editor : Emilda

DISWAY JATENG - Inilah 4 cara menghilangkan milia dengan perawatan sederhana di rumah, yang dapat anda coba saat sedang mengalaminya. Cara ini tergolong sederhana dan mudah.

Milia adalah benjolan putih yang sering kali muncul pada wajah. Milia terjadi pada saat sel kulit mati atau protein yang bernama keratin terperangkap di bawah permukaan kulit.

Kondisi tersebut menyebabkan terbentuknya benjolan berwarna putih yang terasa gatal namun tidak nyeri. Benjolan tersebut biasanya muncul pada area hidung, pipi, atau mata.

Milia sering hadir pada bayi, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada orang dewasa.
Meskipun milia dapat hilang sendiri dalam jangka waktu mingguan atau bulanan, tetapi  tetap saja pasti anda merasa tidak nyaman dengan hadirnya milia.

 

4 Cara Menghilangkan Milia Banyak orang yang terkadang tak mampu menahan diri untuk memencet benjolan yang muncul. Padahal, tindakan tersebut mengakibatkan iritasi kulit, menyebabkan terbentuknya bekas luka, bahkan meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit.

Untuk mencegah berbagai hal tersebut, lebih baik bila Anda menerapkan beberapa cara menghilangkan milia yang bersumber dari alodokter, berikut ini:

1. Bersihkan wajah dengan benar Bersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah berbahan lembut dan yang tidak berbahan paraben. Setelah membersihkan wajah dengan sabun, anda siapkan air hangat dalam baskom.

Kemudian, arahkan wajah anda pada uap panas tersebut agar terkena uapnya. Bertujuan agar aliran darah pada darah lancar. Anda juga bisa gunakan waslap hangat untuk mengangkat sel kulit mati dan keratin yang terperangkap pada permukaan kulit.

 

2. Lakukan eksfoliasi secara rutin Agar miliar cepat hilang, anda perlu melakukan eksfoliasi atau pembersihan wajah secara rutin setidaknya 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu.

Eksfoliasi juga dapat anda lakukan di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah anda jumpai  yang mengandung kandungan asam sitrat asam glukolat dan asam silsilat.

Melakukan ekspirasi secara rutin tidak hanya dapat menghilangkan milia tetapi juga mencegah milia datang kembali.

 

3. Oleskan krim retinol Menggunakan serum atau krim retinol dapat hilangkan milia lebih cepat. Kenapa? karena dapat membantu mengelupaskan kulit dan melonggarkan sumbatan sel kulit mati.  Jadi, Sel kulitmati  akan muncul ke permukaan sehingga lebih terangkat dengan maksimal.

Namun, krim retinol tidak boleh gunakan bersama dengan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan seperti: vitamin C, alpha hydroxy acid (AHA), benzoil peroksida, dan asam salisilat.

Penggunaan retinol sebaiknya gunakan pada malam hari karena retinol itu bisa menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Jika Anda tipe kulit yang sensitif Anda dapat konsultasi terlebih dahulu jika ingin memakai retinol. Sedangkan bagi ibu hamil dan ibu menyusui tidak kami perkenankan untuk menggunakan retinol.

 

4. Menggunakan produk mengandung air mawar atau madu manuka Terakhir adalah menggunaan face mist yang memili kandungan air mawar dan masker madu manuka dipercaya dapat menghilangkan milia.

Hal tersebut karena air mawar dan madu manuka bersifat antiradang, sehingga saat menggunakannya dapat mencegah iritasi yang disebabkan milia. Meski begitu, manfaat keduanya dalam menghalau milia masih perlu teliti lebih lanjut.

 

Itulah 4 cara menghilangkan milia dengan perawatan sederhana yang dapat anda terapkan.

Jika cara menghilangkan milia sudah semua anda coba, tetapi tak kunjung hilang atau justru bertambah, cobalah periksakan diri ke dokter.

Dalam menghilangkan milia pada wajah, biasanya dokter akan merekomendasikan perawatan medis tertentu, misalnya lase dan ekstraksi.

Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :