Manfaat Olahraga Berkuda bagi Tubuh Kita!

Minggu 21-05-2023,23:24 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

JATENG.DISWAY.ID – Berkuda adalah salah satu olahraga yang belum populer pada masyarakat Indonesia, akan tetapi banyak manfaatnya loh olahraga berkuda.

 

BACA JUGA: https://diswayjateng.com/10-manfaat-olahraga-sepeda/

O lahraga berkuda merupakan kegiatan atau latihan fisik yang kita lakukan dengan mengendarai kuda dalam sebuah arena atau melewati rintangan tertentu .

 

Manfaatnya:

 

1.        U ntuk melatih keseimbangan tubuh supaya terkoordinasi dengan lebih baik .

S eseorang yang sedang menunggangi kuda tentu mampu mengontrol keseimbangan tubuhnya sehingga tidak akan mudah terjatuh .

2.        M emperkuat otot-otot tubuh bawah

U ntuk menjadi lebih kuat pada saat berkuda posisi kaki harus berada pada atas pijakan pelana dan berpijak dengan kuat .

3.        M embentuk postur tubuh lebih baik

O lahraga berkuda juga bermanfaat untuk membentuk postur tubuh menjadi lebih baik .

P ada saat berkuda menunggang kuda wajib untuk memposisikan tubuhnya dalam Posisi tegak . D engan kedua tangan dan kaki yang siap untuk mengendalikan kuda .

4.        M eningkatkan ketangkasan

P enunggang kuda harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi salah satunya yaitu gerakan kuda yang susah untuk kita prediksi .

5.        M embantu proses pembakaran kalori

S elama kurang lebih 30 menit secara rutin dapat membantu mengurangi kalori pada tubuh . P ada saat menunggangi kuda tubuh tentu harus menyesuaikan diri dengan gerakan kuda yang cepat .

Hal inilah yang dapat memacu kinerja jantung yang bekerja lebih cepat . T entu mampu melakukan proses pembakaran kalori lebih cepat , hal ini mirip seperti pada saat seseorang berlatih dengan melakukan olahraga kardio .

 

Itu dia beberapa manfaat olahraga berkuda yang harus kalian ketahui, semoga bermanfaat.(*)

 

Kategori :

Terkait