Resep Membuat Bubur Kacang Hijau, Tidak Ribet!

Kamis 18-05-2023,12:26 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

JATENG.DISWAY.ID – Bubur kacang hijau adalah makanan khas dari Indonesia, makanan ini sangat gurih dan kental menjadi khas bubur kacang hijau.

BACA JUGA: https://jateng.disway.id/read/654887/ini-dia-cara-membuat-bubur-ayam-terenak

Bahkan jika kita ingin mencoba membuatnya sendiri juga bisa, seperti biasa dengan bahan dan cara pembuatan yang praktis pastinya.

Bahan dan cara membuatnya:

  1. Siapkan 1000 gram kacang hijau lalu kita cuci dengan air bersih dan remas-remas agar debu yang menempel itu hilang. Jika ada yang kacang hijaunya yang mengapung maka kita ambil saja karena itu sudah rusak lalu bilas hingga bersih.
  2. Didihkan 4000 mili air dan masukkan kacang hijau yang sudah kita cuci
  3. Gunakan api sedang masak sampai mendidih
  4. Setelah mendidih rebus selama 5 menit dan kita tutup agar hasilnya
  5. Jika sudah 5 menit matikan api dan biarkan dalam keadaan tertutup
  6. Jika kacang hijaunya belum terbuka pada mendiamkan selama 30 menit dan kita tutup dengan Tutup panci. Kita tambahkan 2 lembar daun pandan yang sudah kita ikat simpul, satu ruas jahe belah menjadi tiga agar lebih sedep.
  7. Kemudian Nyalakan Api sedang masak selama tujuh menit jangan lupa untuk kita tutup pancinya
  8. Jika sudah empuk tambahkan -+ 500 gram gula pasir, 1 sendok teh garam agar hasilnya gurih dan aduk-aduk sampai gulanya larut.
  9. Selanjutnya mengentalkan bubur gunakan 8 sendok makan tepung tapioka, 100 mili air aduk sampai rata tuangkan ke adonan bubur. Aduk sampai mengental dan gunakan api kecil
  10. Jika sudah mateng dan kental bisa kita matikan api dan sisihkan
  11. Selanjutnya kita akan membuat kuah santannya
  12. Nyalakan Api sedang dan Letakkan panci tambahkan 2000 mili air mentah dan 1 lembar daun pandan. Didihkan airnya tambahkan 200 mililiter susu kental manis 200 ml santan kental, -+4 sendok teh garam lalu aduk sampai tercampur rata. Tidak perlu lama masaknya lalu matikan kompornya dan siap kita sajikan.(*)
Kategori :