Satuan Sabhara Polres Tegal Gencarkan Razia Keliling, Ada Apa?

Kamis 02-06-2022,14:25 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M Sekhun

SLAWI (Disway Jateng) - Upaya mencegah aksi tawuran dan balapan liar di wilayah hukumnya, Satuan Sabhara Polres Tegal kembali menggiatkan razia keliling. Razia kali ini dilakukan dengan cara berpatroli menyusuri jalan yang diindikasikan sering dijadikan ajang balapan liar yang berujung tawuran antar geng motor.

 

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafaat SIK melalui Kasat Shabara AKP Surahno SH menyatakan bahwa patroli kali ini juga untuk mencegah dan mengantisipasi gangguan kamtibmas maupun tindak kejahatan.

"Patroli menyusuri di jalan lingkar Kota Slawi (Jalingkos) menuju arah jalan Desa Kambangan-Jatimulya hingga arah Lebaksiu," ujarnya.

 

Dijelaskan, pelaksanaan tugas personelnya di lapangan sudah sesuai dengan prosedur tetap. Dari hasil patroli kali ini, pihaknya mengamankan 3 unit sepeda motor yang diduga akan digunakan untuk aksi balap liar.

Dari beberapa faktor yang memengaruhi balap liar, kuncinya adalah penegakan hukum dan edukasi. Potensi tempat terjadinya balap liar menurutnya dapat dicegah dengan melaksanakan patroli secara berkesinambungan. Pihaknya mengaku sebelumnya sempat melakukan patroli pagi hingga jelang malam dengan waktu tentatif.

 

"Rute patroli sengaja kita acak, dengan menimbang tingkat kerawanan pada jam rawan kamtibmas di wilayah hukum Polres Tegal, "ungkapnya.

 

Pihaknya berharap dengan keberadaan anggota Polri yang melaksanakan patroli, mampu memberikan dampak pada situasi kamtibmas. Diantaranya mengurungkan niat para pelaku kejahatan maupun aksi tawuran dan balap liar. (her/gun)

Kategori :