Kota Tertua, Magelang Simpan Potensi Wisata Heritage Kelas Dunia

Jumat 15-04-2022,00:49 WIB
Editor : Ismail F

MAGELANG, (DiswayJateng) – Kota Magelang menjadi salah satu 10 kota tertua di Indonesia. Pada 11 April lalu, Kota Magelang baru saja merayakan Hari Jadi ke-1116.

Saking tuanya, Kota Magelang juga kaya akan bangunan-bangunan tua yang masuk kategori cagar budaya. “Kota Magelang sangat potensial memiliki wisata Kota Tua. Selain karena usia kotanya yang memang tua, Magelang juga punya kekayaan warisan budaya, bangunan, hingga catatan bersejarah. Ini yang perlu kita kembangkan,” kata Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, dilansir magelangekspres.com, kemarin.

Ia merasa, dengan potensi itu Kota Magelang ke depan berkembang menjadi kota kelas dunia dengan kawasan heritage dan cagar budaya yang masih lestari. Adanya heritage justru diyakini mampu menarik perhatian orang untuk datang ke Kota Sejuta Bunga.

Dia juga meminta, jajarannya pandai memanfaatkan momen dengan berkolaborasi aktif bersama daerah lain. Satu hal yang urgen, lanjutnya, adalah memanfaatkan potensi kawasan strategis pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

“Kita harus memanfaatkan peluang ini dengan baik. Bagaimana caranya setelah wisatawan ke Borobudur, merasakan hal yang belum lengkap kalau belum ke Kota Magelang,” tuturnya.

Kepala Bappeda Kota Magelang, Handini Rahayu menuturkan, Kota Magelang memiliki ketertarikan tersendiri terutama dalam sejarah. Satu hal yang bisa menjadi unggulan adalah heritage.

“Kalau berbicara sumber daya alam (SDA), tentu Kota Magelang tidak memiliki banyak dibandingkan dengan daerah lain. Namun, satu hal yang bisa menjadi wisata unggulan yakni wisata sejarah,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan mengedepankan wisata sejarah di Kota Magelang dapat memberikan warna baru. Hal ini akan meningkatkan layanan kepada wisatawan dengan banyaknya varian yang dapat dipilih.

Tags :
Kategori :

Terkait