Jalur Gunturmadu-Lumajang  Watumalang Lumpuh Akibat Longsor

Rabu 06-04-2022,03:27 WIB
Editor : Gunawan

WONOSOBO (DiswayJateng) - Hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan badan jalan utama Watumalang, tepatnya penghubung Desa Gunturmadu dengan Lumajang Watumalang longsor. Tidak ada korban jiwa, namun kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

“Hujan deras, separuh badan jalan penghubung antara Desa Gunturmadu Kecamatan Mojotengah dengan Desa Lumajang Kecamatan Watumalang longsor, akses roda empat dipastikan tidak bisa melintas,” ungkap Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonosobo Bambang Triyono, kemarin.

Menurutnya, kejadian longsor pada pukul 16.00, saat kejadian tidak ada warga yang melintas. Sementara ini hanya bisa di lewati hanya kendaraan roda dua. Sedangkan untuk jenis kendaraan roda empat dialihkan ke jalur lain. Longsor dengan panjang sekat 15 meter lebar 2,5 meter dengan kedalaman hampir 50 meter.

“Dugaan lain, longsor di jalur tersebut selain hujan karena dipicu beban yang harus ditanggung oleh banyaknya kendaraan yang melintas. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya dijadikan jalur alternatif bagi kendaraan besar yang melintas Desa Kuripan Watumalang yang longsor,” katanya.

Pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk DPUPR dan juga pihak Kepolisian Sektor Watumalang, agar ada papan informasi terkait longsornya jalan tersebut, sehingga pengguna jalan akan melalui jalur yang lain.

“Kami bersama relawan dan apar sudah memberikan tanda di sekitar lokasi longsor, sedangkan penanganan teknis sementara akan dikomunikasikan dengan DPUPR,” bebernya.

Selain itu, assessmen dan monitoring juga telah dilakukan, sebagai upaya antisipasi terhadap munculnya longsor susulan. Secara umum wilayah kecamatan watumalang  banyak tebing dan perbukitan curam (gus)

Editor : R Gunawan

Tags :
Kategori :

Terkait