Rombak Besar-besaran, 509 Kepala Sekolah di Brebes Dilantik Hingga Dua Gelombang

Sabtu 16-04-2022,10:16 WIB
Editor : Ismail F

BREBES (DiswayJateng) -- Sebanyak 509 kepala sekolah dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), SD hingga SMP dilantik Bupati Brebes, Idza Priyanti di Pendopo Kanjengan Brebes, Kamis (14/4).

Saking banyaknya jumlah kepala sekolah yang dilantik tersebut membuat proses pelantikan dibagi menjadi dua gelombang secara berturut-turut.

Bupati Brebes Idza Priyanti melalui Sekretaris Daerah Brebes, Djoko Gunawan menjelaskan, total kepala sekolah yang dilantik dan diambil sumpahnya kali ini, ada sebanyak 509 orang. Rinciannya, untuk jabatan Kepala TK sebanyak 3 orang yang mendapat promosi. Kepala SD sebanyak 450 orang, meliputi 241 orang dimutasi dan 201 orang mendapat promosi.

"Kalau untuk Kepala SMP, jumlahnya 56 orang, meliputi 23 mutasi dan 33 promosi," katanya.

Menurut dia, mutasi, rotasi dan promosi jabatan di jajaran kepala sekolah sudah cukup lama tidak dilaksanakan dikarenakan ada perubahan peraturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Aturan baru yakni, Permendikbud nomor 40 tahun 2021 tersebut, baru turun pada Desember tahun 2021, sehingga pihaknya baru bisa melaksanakan mutasi, rotasi dan promosi untuk mengisi kekosongan jabatan kepala sekolah.

"Ada sekitar 200 lebih jabatan kepala sekolah yang kosong ini, sehingga kami laksanakan mutasi, rotasi dan promosi untuk mengisi kekosongan ini," terangnya.

Sesuai harapan Bupati, lanjut dia, dengan diisinya jabatan kepala sekolah yang kosong dapat menciptakan semangat yang baru untuk mendidik anak-anak di Brebes. Termasuk, dalam upaya meningkatkan IPM Brebes.

"Harapan kami, ada semangat baru dama mendidik anak didik, dan mampu meningkatkan IPM Brebes," tandasnya.

Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes, Caridah mengatakan, bagi para kasek yang baru dilantik diharapkan dapat menunjukan kinerja yang baik, meningkatkan sinergitas dengan Dindikpora dan meningkatkan kualitas pendidikan di Brebes.

Penulis: Eko Fidiyanto

Editor: Ismail Fuad

Tags :
Kategori :

Terkait