E Commerce Ini Paling Dipilih UMKM & Brand Lokal, Riset IPSOS 2025 Ungkap Faktanya!

E Commerce Ini Paling Dipilih UMKM & Brand Lokal, Riset IPSOS 2025 Ungkap Faktanya!

BANYAK PILIHAN - Shopee hadir dengan banyak pilihan.Foto: Istimewa --

Menyusuri lanskap ini, kompetisi antar e-commerce tidak cukup diukur dari skala popularitas, tetapi dari kemampuannya membangun ekosistem, sebuah sistem yang dinamis, penuh interaksi, menghadirkan lalu lintas pengunjung yang relevan, serta membuka peluang pertumbuhan berkelanjutan.

Berdasarkan hasil riset IPSOS, kembali mencatatkan posisi Shopee lebih unggul dalam tiga persepsi kunci yang menjadi tolok ukur utama bagi UMKM dan brand lokal dalam memilih platform e-commerce:

BACA JUGA:5 Cara Mendapatkan Voucher Shopee Gratis Ongkir dan Cashback hingga Rp100 Ribu

BACA JUGA:8 Cara Mendapatkan Hadiah di Shopee dengan Mudah, Ada Voucher Belanja hingga Rp700 Ribu

1. Sebagai platform menawarkan gratis ongkir paling banyak untuk pelanggan (67%)

2. Sebagai platform dengan ragam kategori produk yang paling luas (66%)

3. Sebagai platform memberikan keuntungan atau laba bersih paling tinggi (63%)

Data di atas, bahwa yang paling penting bukan sekadar pilihan platform, tetapi sejauh mana platform tersebut benar-benar mendorong hasil nyata bagi pelaku usaha lewat

ragam program dan fitur yang dihadirkan. Dalam konteks ini, Shopee tampil lebih unggul diikuti TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada. Hadirkan Kesempatan Tumbuh untuk UMKM dan Brand Lokal

Layaknya sebuah lomba maraton, tidak semua platform e-commerce melaju dengan kecepatan yang sama. Setiap langkah ditentukan oleh strategi yang mereka hadirkan.

BACA JUGA:Rp500 Ribu Langsung Masuk ke Rekening, Begini Cara Klaim Hadiah Shopee dengan Cepat

BACA JUGA:Rp500 Ribu Langsung Masuk ke Rekening, Begini Cara Klaim Hadiah Shopee dengan Cepat

Mulai dari laman lokal yang relevan, program edukasi yang memberdayakan, fitur interaktif yang mendorong visibilitas dan konversi, hingga kampanye tematik dan peluang ekspans lobal. Namun, dari semua inisiatif dan indikator tersebut, pertanyaannya tetap sama: siapa yang benar-benar unggul dan konsisten membuka jalan bagi pelaku usaha lokal untuk tumbuh dan berkembang?

● Laman Khusus dan Program Edukasi Jika dilihat dari laman kurasi produk lokal yang disuguhkan para pemain e commerce.Ibarat rumah yang berisikan cerita dari berbagai sudut negeri melalui produk yangdiciptakan dengan tangan, hati, dan kreativitas. Di antara empat pemain, Shopee dinilai mayoritas UMKM dan brand lokal (56%) sebagai platform paling konsisten menyediakan aman khusus lokal untuk mendorong pertumbuhan bisnis, diikuti Tokopedia (20%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (7%).

➢ Mayoritas responden yang memilih Shopee juga menyebut fitur Shopee Pilih Lokal yang paling dikenal dan berdampak dalam meningkatkan penjualan, sekaligus ruang promosi yang lebih luas. Meski pemain lain seperti Tokopedia dan TikTok Shop (Beli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: