Bulan Ramadhan, Masyarakat Demak Bisa Urus JKN Lewat Pandawa

Selama puasa BPJS Kesehatan tetap melayani peserta JKN-nungki diswayjateng-
DEMAK, diswayjateng.id - Meskipun Ramadhan, BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan administrasi bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kendati pelayanan di MPP Demak dan kantor cabanp tutup awal, peserta JKN dapat mengakses Pelayanan Adminstrasi melalui Whatsapp (PANDAWA).
Hal tersebut disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Sari Quraty Ainy, usai suatu acara. Ia menyebut bahwa pelayanan di kantor cabang dan MPP Demak di saat bulan ramadhan adalah mulai pukul 08.00 sampak 13.30 WIB, namun Ia pastikan pelayanan tetap optimal.
“Kami pastikan pelayanan bagi peserta tetap optimal melalui berbagai kanal layanan non tatap muka seperti PANDAWA,” ucapnya pada diswayjateng.id, Rabu 12 Maret 2025.
"Untuk layanan dministrasi pada PANDAWA beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari Senin sampai dengan Jumat. Namun, bukan berarti peserta tidak bisa mengakses layanan administrasi diluar jam tersebut," tambahnya.
Hanya saya, Ia melanjutkan, bahwa jika peserta JKN mengakses layanan Pandawa di atas pukul 17.00, maka pelayanan akan diproses di hari berikutnya.
“Peserta cukup mengakses melalui whatsapp pada nomor 08118165165. Tak hanya bisa dimanfaatkan saat bulan Ramadhan saja, layanan ini dapat dimanfaatkan bagi seluruh masyarakat yang ingin mengurus kepesertaan JKN namun terkendala jarak dan waktu,” terangnya.
"Selain pelayanan administrasi, melalui Pandawa peserta dapat memanfaatkan pelayanan informasi," lanjutnya.
Pihaknya juga mengingatkan bahwa layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat, baik yang telah telah terdaftar sebagai peserta JKN maupun peserta yang belum terdaftar.
"Gratis tidak dipungut biaya apapun, yang terpenting siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai panduan yang disampaikan melalui Pandawa," terangnya.
Terkait pelayanan tersebut, Samsul Ma'arif (42) warga Bonang telah merasakan manfaarnya, dimana pada menu di Pandawa Ia dapat melakukan cek status kepesertaan, cek tagihan iuran, cek virtual account, skrining kesehatan, mengakses info JKN.
"Jika pas tugas di luar kota saya juga bisa mencari lokasi dan fasilitas kesehatan lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan," ucapnya.
"Bahkan kita juga bisa menyampaikan pengaduan layanan kesehatan melalui aplikasi Pandawa," laanjutnya.
Sementara Ananda Dewi, (22) mahasiswa Universitas Negeri Semarang asal Demak, menyatakan telah berulangkali memanfaatkan kanal layanan Pandawa untuk mengurus kepsertaan JKN.
“Kepesertaan JKN saya memang ikut orang tua yang terdaftar sebagai PNS. Saya sering memanfaatkan Pandawa untuk memperpanjang kepesertaan, karena saya sudah berusia diatas 21 tahun itu harus di update setiap tahunnya,” ucap Dewi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: