Mempercepat Boarding Kereta Api Saat Nataru, Stasiun Semarang Poncol Terapkan Face Recognition
Calon penumpang melakukan boarding menggunakan Face Recognition di Stasiun Poncol Semarang, Selasa, 17 Desember 2024.--istimewa-humas KAI
SEMARANG, diswayjateng.id - PT Kereta Api Indonesia Daop 4 SEMARANG terus berinovasi dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan.
Mulai Selasa, 17 Desember 2024, KAI Daop 4 Semarang resmi menerapkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Semarang Poncol.
Inovasi ini bertujuan memudahkan pelanggan KA Jarak Jauh untuk naik kereta api tanpa perlu repot menunjukkan dokumen seperti tiket fisik, e-boarding pass, atau KTP.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menjelaskan bahwa hadirnya Face Recognition Boarding Gate adalah wujud komitmen KAI dalam memberikan layanan lebih cepat, praktis, dan ramah lingkungan.
BACA JUGA: Tiket Kereta Api Nataru Masih Banyak, Buruan Pesan Sebelum Kehabisan!
BACA JUGA: Jelang Nataru, Satlantas Solo Gelar Uji Kelayakan Kendaraan, 55 Bus diperiksa 1 Bus Tak Layak Teknis
"Fasilitas ini memungkinkan pelanggan cukup melakukan pemindaian wajah untuk proses boarding. Tidak hanya mempercepat antrean, teknologi ini juga mengurangi penggunaan kertas tiket fisik, sejalan dengan upaya mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dalam hal keberlanjutan lingkungan," jelasnya, Selasa, 17 Desember 2024.
Fasilitas Face Recognition Boarding Gate ini sangat efektif dalam memperlancar proses boarding, terutama saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 mendatang.
"Dengan sistem ini, pelanggan hanya membutuhkan 1 detik untuk memindai wajah dan memverifikasi data tiket yang telah terintegrasi dalam sistem KAI," tambahnya.
Pelanggan cukup melakukan satu kali registrasi layanan Face Recognition melalui aplikasi Access by KAI atau langsung melalui petugas di stasiun.
Pada aplikasi Access by KAI, pelanggan dapat mendaftarkan layanan Face Recognition dengan klik Menu "Akun" kemudian klik "Registrasi Face Recognition" dan tinggal ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk yang diberikan.
Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktunya sudah mendekati jam keberangkatan. Arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket dan identitas sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka.
Cukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI. Hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean proses boarding.
Franoto menambahkan bahwa pelanggan tidak perlu khawatir mengenai keamanan data pribadi. KAI telah mengimplementasikan ISO 27001, standar internasional untuk manajemen keamanan informasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: