LDII Jateng Tegaskan Sikap Netral dan Aktif pada Pilkada 2024

LDII Jateng Tegaskan Sikap Netral dan Aktif pada Pilkada 2024

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Jateng, Prof. Singgih usai acara media gathering di Hotel Santika Premiere, Semarang, pada Minggu 27 Oktober 2024.-Umar Dani -

SEMARANG, jateng.disway.id - Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Tengah menegaskan sikap netral dan aktif dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. 

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Jateng, Prof. Singgih, menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk tidak memihak, namun tetap mendorong partisipasi aktif anggotanya dalam Pilkada. Hal ini disampaikan ketua DPW LDII Jawa Tengah Prof Singgih usai acara media gathering di Hotel Santika Premiere, Semarang, pada Minggu 27 Oktober 2024.

 Dalam media gathering bertajuk “Peran Media Massa dalam Membangun Silaturahmi dan Menjaga Keseimbangan Informasi untuk Kerukunan Umat Beragama di Jawa Tengah.” dihadiri oleh puluhan wartawan dan tamu undangan.

BACA JUGA:LDII Gandeng FKKI Kabupaten Tegal Adakan Khitanan Massal

Menurut Prof. Singgih, LDII menerapkan prinsip "netral dan aktif" dalam setiap momen politik. Netral berarti LDII tidak memihak pada salah satu kontestan atau calon kepala daerah, karena sebagai lembaga dakwah, LDII ingin memberikan pelayanan kepada seluruh segmen masyarakat tanpa keberpihakan.

 "Jika LDII bergabung dengan kelompok atau partai politik tertentu, hal tersebut akan menghambat pelayanan kami kepada semua lapisan masyarakat," ujar Prof. Singgih.

Namun, sikap netral ini juga dibarengi dengan sikap aktif, di mana warga LDII diimbau untuk tidak golput dan tetap menggunakan hak pilih mereka.

"Sebagai warga negara yang baik, setiap anggota diharapkan menyalurkan aspirasinya sesuai pandangan pribadi masing-masing," tambahnya.

BACA JUGA:Peringati World Cleanup Day 2023, LDII Kabupaten Tegal Gelar Aksi Bersih Lingkungan

Kebijakan netral dan aktif ini merupakan arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII yang telah dituangkan secara tertulis. DPW LDII Jawa Tengah hanya menyosialisasikan kebijakan tersebut kepada seluruh pengurus dan anggota di tingkat provinsi dan kabupaten.

Dalam persiapan Pilgub Jawa Tengah, LDII mengundang kedua pasangan calon gubernur, yaitu Andika Perkasa-Hendi dan Ahmad Lutfi-Taj Yasin, untuk menyampaikan visi dan misi mereka di hadapan para anggota LDII.

"Ini adalah bagian dari pendidikan politik bagi anggota kami. Pilihan ada pada masing-masing individu," tutup Prof. Singgih.

Dengan struktur yang tersebar di 35 DPD, 500 kecamatan, dan lebih dari 1.500 PAC, LDII Jateng berharap dapat memberikan kontribusi dalam menjaga kerukunan dan kedamaian dalam masyarakat selama proses Pilkada berlangsung.

Sunardi Joko Santoso, Wakil Ketua LDII dan Ketua Dai Mas Polda Jateng, turut hadir dalam kegiatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: