Hari Pertama Kemwil, Ribuan Peserta Berlaga di 7 Cabang Lomba

Hari Pertama Kemwil, Ribuan Peserta Berlaga di 7 Cabang Lomba

BERLAGA : Peserta Kemwil IX Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) terlihat serius saat berlaga di Bumi Perkemahan Spekta Merbabu dan Lapangan Sepak Bola Tajuk, Getasan, Kabupaten Semarang, Senin 14 Oktober 2024. Foto : Nena Rna Basri--

KOPENG, jateng.disway.id - Hari pertama rangkaian Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) IX Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT), ribuan peserta berlaga di 7 cabang lomba, Senin 14 Oktober 2024.

Kegiatan dipusatkan di Bumi Perkemahan Spekta Merbabu dan Lapangan Sepak Bola Tajuk, Getasan, Kabupaten Semarang itu, diikuti 2.481 peserta dari 35 Kabupaten kota di Jawa Tengah.

Ketua Pimpinan Sako Pramuka SIT Jateng, Priyono menyampaikan pada hari pertama, Kemwil full diisi kegiatan giat prestsi atau lomba.

"Hari pertama Kemwil IX, sudah dimulai sejumlah perlombaan. Tercatat, ada 7 cabang lomba diikuti ribuan peserta dari 35 Kabupaten Kota yang andil, diantaranya Lomba Kreasi Baris-Berbaris (LKBB) Tongkat, Panahan, Tahfidz, Hasta Karya, Semaphore, Cerdas Cermat Islam, dan Video Vlog," kata Priyono.

Dimana, para peserta dibagi dalam regu. Terdapat 10 peserta setiap regu yang didistribusikan ke berbagai lomba. Dan setiap regu terdiri dari 10 siswa dan didampingi 2 pendamping.

Seperti dua peserta mengikuti lomba hasta karya, dua peserta lomba semaphore, tiga peserta cerdas cermat, satu orang tahfidz, dan sebagainya. "Setiap cabang nantinya akan diambil juara 1, 2, 3 putra dan putri," ungkapnya. Kecerian peserta terpancar ketika para peserta mengikuti perlombaan dengan semangat ingin memenangkan.

Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Zainal Abidin menambahkan, sebelumnya para peserta sudah mulai berdatangan sejak H-1.

Peserta sampai ke lokasi langsung mendirikan tenda di tapak kemah yang sudah dibagi sebelumnya oleh panitia. Kemwil IX ini akan berlangsung selama empat hari, tanggal 14-17 Oktober 2024.

Ia manandaskan, kegiatan Kemwil ini untuk melatih kemandirian dan karakter para peserta pramuka penggalang dari SDIT dan SMPIT se-Jawa Tengah.

"Harapannya melalui kegiatan ini, bisa melatih kemandirian dan menumbuhkan karakter positif pada siswa, seperti peduli, tanggungjawab, kerjasama, dan sebagainya. Para peserta juga memasak sendiri untuk konsumsi selama Kemwil,"  ujar Zainal Abidin.

Sebagai informasi, upacara pembukaan akan digelar pada hari Selasa, 15 Oktober 2024 pagi dan akan dihadiri Pimpinan Sako Nasional Pramuka SIT. Direncanakan hadir, Ketua Kwarda Pramuka Jawa Tengah juga akan hadir beserta tamu undangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: