Siswa Dikhawatirkan Bosan, DKK Kudus Soroti Varian Menu Makan Bergizi Gratis

Siswa Dikhawatirkan Bosan, DKK Kudus Soroti Varian Menu Makan Bergizi Gratis

DKK Kudus yang dilibatkan dalam pelaksanaan program Makanan Bergizi Gratis (MB) telah menyiapkan sepuluh varian menu.-arief pramono/diswayjateng.id-

KUDUS, diswayjateng.id- Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus yang dilibatkan dalam pelaksanaan program Makanan Bergizi Gratis (MB) telah menyiapkan sepuluh menu. Sejumlah menu yang disarankan pihak DKK setempat, agar pihak katering memiliki variasi menu yang tidak membosankan bagi siswa sekolah.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) DKK Kudus, Nuryanto mengatakan, variasi menu yang disarankan DKK supaya siswa tidak jenuh saat menyantap makanan.

”Supaya siswa tidak jenuh. Untuk menu makanannya harus mengandung gizi yang seimbang. Mulai dari kecukupan karbohidrat, protein, sayur, buah dan susu,” ujar Nuryanto, Senin 30 September 2024.

Menurut Nuryanto, untuk menu susu memberikan dampak yang bagus bagi kognitif anak. Sehingga anak tidak mudah mengantuk saat jam pelajaran berlangsung.

”Supaya tidak takut saat mengikuti kegiatan belajar di sekolah, susu juga membuat anak menjadi lebih aktif,” imbuhnya.

Nuryanto berharap program uji coba MBG di Kudus memberikan gambaran dalam pelaksanaan program serupa di tahun 2025 mendatang. Sehingga ada persiapan yang lebih matang.

Sementara itu, Ahli Gizi DKK Kudus, Susmariyanti Kurniasih juga dilibatkan dengan mencoba langsung menu makanan MBG.  Ia mencoba menu yang dibuat oleh katering Eco Roso. Ia mengambil nasi dan lauk yang ditaruh dalam kotak makan siang yang disediakan pihak catering.

”Tekstur nasinya pulen dan tidak keras. Tempenya juga rasanya tidak asin dan pas. Dagingnya juga ada sausnya. Rasa dagingnya pas dan sausnya juga tidak terlalu pedas,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: