7 Tips Jitu Memilih Pinjol yang Aman dan Terverifikasi agar Terhindar dari Penipuan

7 Tips Jitu Memilih Pinjol yang Aman dan Terverifikasi agar Terhindar dari Penipuan

tips memilih pinjol yang aman--foto poskota

Para perencana keuangan telah memberi saran, bahwa batas aman pembayaran hutang yaitu sebesar 30% dari total pendapatan. Saran jumlah pembayaran hutang ini berlaku juga jika kalian ingin mengambil pinjol.

Total pendapatan yang dimaksud yaitu pendapatan rutin yang dipegang setiap bulannya. Jika angsuran pinjol lebih besar dari 30% total pendapatan, disarankan untuk tidak mengajukan pinjol.

BACA JUGA:6 Strategi Memilih Pinjol yang Aman dan Legal, Jangan Sampai Terjerat Dampak Negatifnya

4. Pastikan Memiliki Layanan Konsumen

Pinjol yang resmi dan diakui oleh OJK pasti memiliki dan menyediakan layanan konsumen yang dapat diakses oleh masyarakat. Layanan konsumen yang dimaksud yaitu berupa layanan Customer Service, layanan email, dan melalui nomor telepon tertentu lengkap dengan alamat kantor yang jelas.

5. Pinjol Memiliki Aplikasi dan Web Resmi

Salah satu ciri-ciri dari penyelenggara pinjol yang telah mengantongi izin dari OJK yaitu memiliki aplikasi dan website resmi. Aplikasi pinjol dapat ditemukan dengan mudah melalui toko aplikasi seperti Google Play Store atau App Store di smartphone.

6. Bukan Untuk Hal Konsumtif

Selanjutnya pikirkan kembali tujuan kalian melakukan pinjol. Apakah karena hal kebutuhan atau hanya ingin memenuhi gairah konsumtif semata. Jika digunakan sebagai hal-hal produktif yang bisa memberikan keuntungan lebih besar, maka bisa mempertimbangkan untuk melakukan pinjaman.

Namun, apabila kalian mengambil pinjaman hanya untuk hal-hal konsumtif, sebaiknya hindari pemakaian uang dari pinjaman online. Karena nantinya justru ini akan membebani keuangan kalian.

BACA JUGA:Bagaimana Tips Memilih Pinjol Terpercaya? Lakukan 6 Solusi Ini Agar Terhindar dari Penipuan

7. Membaca Detail Persyaratan

Setiap kali kalian melakukan hal dengan pihak luar, usahakan untuk membaca secara menyeluruh persyaratan atau informasi terkait hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Ini meminimalisir adanya ketidakpahaman dari sistem yang sudah disepakati bersama.

Jadi, sebelum mengambil pinjaman, silahkan baca secara teliti dan hati-hati persyaratan yang diberikan. Jika ada syarat yang kurang dipahami, silahkan tanyakan langsung ke layanan Customer Service (CS) yang disediakan oleh penyelenggara.

Itulah beberapa informasi seputar tips memilih pinjol yang aman agar terhindar dari penipuan dan berbagai risiko lainnya yang perlu kalian ketahui dan pahami. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: