Kemah Ukhuwah JSIT di Lereng Merbabu Bakal Diikuti 2.171 Pelajar se-Jateng

Kemah Ukhuwah JSIT di Lereng Merbabu Bakal Diikuti 2.171 Pelajar  se-Jateng

MEMAPARKAN : Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jateng Zainal Abidin SPd., Gr., (tengah) saat memaparkan kegiatan Kemah Ukhuwah Wilayah (Kenwil) ke-IX yang bakal digelar mulai tanggal 14 hingga 17 Oktober 2024. Foto : Nena Rna Basri--

SALATIGA.jateng.disway.id - Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia akan menggelar Kemah Ukhuwah Wilayah (Kenwil) ke-IX, di lereng Gunung Merbabu.

Rencananya kegiatan skala nasional itu bakal diikuti 2.171 siswa se-Jawa Tengah.

Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Jawa Tengah Zainal Abidin SPd., Gr., mengatakan JSIT Kenwil ke-IX dijadwalkan selama empat hari itu, akan berlangsung mulai tanggal 14 hingga 17 Oktober 2024.

"Kemah Ukhuwah Wilayah (Kenwil) ke-IX adalah kegiatan tiga tahunan yang rencananya dilaksanakan di Bumi Perkemahan Spekta Merbabu Lapangan Pulihan berlokasi di Kopeng, Dusun Tajuk, Desa Getasan, Kabupaten Semarang," kata Zainal Abidin kepada wartawan di Salatiga, Jum'at 27 September 2024.

Tujuan terselenggaranya kegiatan ini, disebutkan Zainal Abidin selain membina dan mengembangkan persahabatan serta persatuan antar anggota pramuka juga meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara serta lingkungan.

Kemah Ukhuwah Wilayah (Kenwil) ke-IX ditunjukkan kepada pramuka penggalang usia Sekolah Dasar (SD) dan SMP se-Jateng itu, diwarnai upacara pembukaan dengan puncak acara pada hari kedua yakni Selasa 15 Oktober 2024.

Rencananya, sejumlah tamu undangan diperkirakan hadir dalam Kemah Ukhuwah Wilayah (Kenwil) ke-IX ini. Berdasarkan daftar tamu undangan diterima wartawan, terdapat nama Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H.

Hanya saja, karena Ngesti Nugraha mulai tanggal 25 September 2024 ini cuti persiapan maju sebagai Calon Bupati 2024-2029, sehingga jabatan Bupati Semarang yang diperkirakan diwakilkan Penjabat Bupati atau setarannya.

Didampingi Ketua Pinsakoda Pramuka SIT Jawa Tengah, Priyono, S.Pd., dan Ketua Panitia Kemwil IX Pramuka SIT Jateng, Widiyanto, S.Pd., Zainal menambahkan bahwa Kemah Ukhuwah Wilayah (Kenwil) ke-IX menjadi ajang berkumpulnya pengurus pusat dan pengurus wilayah provinsi di Indonesia.

Ditempat yang sama, Humas JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah Dwi Pujianto menjelaskan para peserta Kemah Ukhuwah Wilayah (Kenwil) ke-IX akan berkompetisi dalam berbagai giat atau lomba seperti Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB), semaphore dan morse, panahan, hasta karya, dan video vlog.

"Dalam upacara pembukaan juga akan dipentaskan drama kolosal pertempuran Ambarawa oleh siswa SMP IT Nurul Islam Tengaran," ujar Dwi.

Panitia, juga mengagendakan pelantikan Pengurus Sakoda Pramua SIT Jateng oleh Ketua Kwarda Pramuka Jateng, Prof. Dr. Ir. Slamet Budi Prayitno, M.Sc.

Selama kegiatan Kemah Ukhuwah Wilayah (Kenwil) ke-IX peserta akan mendapatkan berbagai pendidikan dan pelatihan. Termasuk pendidikan wawasan kebangsaan dari TNI terdekat.

"Dan untuk menghibur dan memotivasi seluruh peserta, panitia juga akan menghadirkan konser nasyid Azzam Haroki dari Semarang," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: