7 Cara Backup Data di Hp Android

7 Cara Backup Data di Hp Android

7 Cara Backup Data di Hp Android Secara Mudah dan Aman-Tangkapan layar diswayjateng.id-

Jika perangkat Android Anda sudah diroot, maka tidak ada pilihan lain selain menggunakan Titanium Backup. Ya, Titanium Backup dapat disebut sebagai aplikasi backup terbaik di Android saat ini. Aplikasi ini dapat membackup hampir semua hal yang ada di perangkat Android.

Yang menarik, kita dapat menjadwalkan proses backup dengan aplikasi ini. Artinya, Titanium Backup dapat melakukan proses backup secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan. Fitur ini sangat berguna jika kita malas melakukan backup secara manual.

Selama proses backup tersebut kita juga tetap dapat menggunakan perangkat Android untuk bermain game atau menjalankan aplikasi yang lainnya. Berikut adalah cara backup data Android menggunakan Titanium Backup:

Download aplikasi Titanium Backup di sini lalu instal.

Aktifkan USB Debugging di perangkat Android Anda.

Buka aplikasinya lalu berikan izin untuk mengakses root.

Buka tab Backup and Restore. Di sana Anda akan melihat daftar aplikasi dengan berbagai ikon di sampingnya. Ikon segitiga menunjukan bahwa aplikasi tersebut bellum dibackup dan ikon smiley menunjukan bahwa aplikasi tersebut sudah dibackup.

Klik tombol bergambar dokumen dengan ceklis di atasnya hingga muncul berbagai opsi backup.

Pilihlah opsi backup yang Anda inginkan seperti backup aplikasi, aplikasi dan data, aplikasi sistem, dan lainnya.

Setelah terpilih, klik backup untuk memulai prosesnya. Tunggulah beberapa saat hingga selesai.

Setelah selesai, file backup tersebut akan diberi nama dengan tanggal backupnya.

Anda juga dapat menyimpan file backup tersebut dalam bentuk update.zip sehingga Anda bisa melakukan restore melalui recovery. Jika dibackup dengan cara biasa, maka Anda dapat melakukan restore langsung melalui aplikasi Titanium Backup ini.

5. Super Backup & Restore

Aplikasi yang dibesut oleh MobileIdea Studio ini juga menawarkan layanan untuk melakukan backup data pada ponsel Android Anda. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang ditawarkan sebelumnya, Super Backup & Restore juga memiliki segudang fitur untuk melakukan backup data dengan mudah dan simpel. Beginilah caranya:

Download aplikasi Super Backup & Restore di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: