Sumbang Medali Emas Terbanyak, Atlet Kudus Harumkan Nama Jateng di PON XXI Aceh 2024

Sumbang Medali Emas Terbanyak, Atlet Kudus Harumkan Nama Jateng di PON XXI Aceh 2024

Sebanyak 44 atlet asal Kabupaten Kudus yang memperkuat kontingen Jawa Tengah di PON XXI Aceh-Sumut 2024 menyumbangkan puluhan medali kejuaraan.-arief pramono/diswayjateng.id-arief pramono/diswayjateng.id

KUDUS, diswayjateng.id- Sebanyak 44 atlet asal Kabupaten Kudus yang memperkuat kontingen Jawa Tengah di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, akhirnya pulang tidak dengan tangan hampa.

Sebab atlet Kota Kretek ini sukses mengukir prestasi dengan menyumbangkan puluhan medali kejuaraan.

Medali kejuaraan yang diraih tim atlet Kudus, diserahkan saat seremonial penutupan pesta olahraga nasional lima tahunan di Stadion Utama Sumatra Utara, Deli Serdang, Jumat (20/9/2024) malam.

Atlet Kudus berhasil mendulang 11 emas, 6 medali perak dan 5 medali perunggu.

Tentu saja prestasi ini, menempatkan atlet Kudus sebagai salah satu penyumbang medali terbanyak bagi kontingen Jawa Tengah.

Kesuksesan ini juga membuat jajaran pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kudus bangga dan gembira.

Ketua KONI Kabupaten Kudus, Sulistyanto mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil terbaik yang pernah diraih para atlet Kudus di ajang PON.

"Selamat untuk para atlet, pelatih, dan official dari Kabupaten Kudus yang mewakili kontingen Jawa Tengah atas raihan medali pada PON XXI Aceh-Sumut,” ujar Sulistyanto kepada disway jateng.id melalui sambungan telepon.

Menurut Sulis, sederet prestasi yang terukir di cabang olahraga tingkat nasional ini tidak hanya membanggakan Kudus saja. Namun juga memberikan kebanggaan bagi Jawa Tengah secara keseluruhan.

“Selamat juga untuk Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kudus sebagai juara umum bulutangkis di PON tahun ini," ucap Sulistyanto.

Prestasi di cabang olahraga bulutangkis, kata Sulis, atlet Kudus turut berkontribusi besar dengan menjadikan Jawa Tengah juara umum di cabang olahraga tepok bulu. Total perolehan mencapai 5 emas, 6 perak, dan 5 perunggu.

“Tim beregu putri dan putra masing-masing menyumbang 1 medali emas, sementara ganda putri berhasil meraih 1 emas dan 1 perak,” imbuhnya.

Raihan medali itu disumbangkan oleh atlet tunggal, Richi Duta Richardo dengan 1 medali emas dan Moh Zaki Ubaedillah 1 medali perak.

Kemudian Sausan Dwi Ramadhani menambah koleksi emas di kategori tunggal dan tim ganda campuran meraih 1 perak dan 1 perunggu.

Atlet Kudus Sumbang 22 Medali Kejuaraan

Tak hanya bulutangkis saja, atlet Kudus juga menunjukkan keunggulan di berbagai cabang olahraga lainnya. Diantaranya Nafatika Astuti meraih 1 medali emas di cabang panjat tebing.

Kemudian Safira Dwi Meilani dari cabang pencak silat, juga membawa pulang 1 medali emas. Demikian pula Ahmad Umar Maulana yang menyabet emas di cabang gulat.

Tak ketinggalan, Budi Setiawan menambah medali emas dari cabang sambo. Sementara Yusuf Renaldi sukses di cabang anggar dan tim beregu bola voli pantai Kudus turut menyumbang emas.

Meski dominan di medali emas, lanjut Sulis, atlet Kudus juga berkontribusi meraih medali perak dan perunggu di beberapa cabang olahraga lainnya.

Vinka Widyaningrum meraih perak di cabang tarung derajat, diikuti Ari Susendra yang meraih perunggu.

Alvino Dika Wijaya menambah koleksi perak dari cabang renang. Dan tim bola basket yang diwakili Angela Fortunata S meraih perunggu. Petanque dan woodball juga turut menyumbang perunggu melalui Soimah dan Rifqi Najmuddin.

Dengan total perolehan 22 medali, kontribusi atlet Kudus sangat signifikan dalam memperkuat posisi kontingen Jawa Tengah di PON XXI.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi para atlet serta dukungan dari masyarakat Kudus. Torehan ini tidak hanya mengharumkan nama Kudus, namun juga memberikan kebanggaan bagi Jawa Tengah di kancah olahraga nasional,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: