6 Cara Melindungi Privasi dan Keamanan Data di Hp

6 Cara Melindungi Privasi dan Keamanan Data di Hp

Berikut 6 Cara Melindungi Privasi dan Keamanan Data di Hp-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAYJATENG.ID - Saat ini, banyak kasus penyalahgunaan privasi dan data yang terjadi akibat kelalaian pengguna Smartphone. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan, terutama dalam aspek keuangan. Lantas, bagaimana cara melindungi privasi dan keamanan data di Hp?

Cara melindungi privasi dan keamanan data di Hp. Di era digital yang terus berkembang, penggunaan ponsel semakin beragam. Salah satu fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data pribadi pengguna. 

Namun, di balik kenyamanan menyimpan data di ponsel, terdapat risiko besar jika data pribadi bocor dan tersebar. Oleh karena itu, sebagai pengguna yang bijak, penting untuk mengetahui cara melindungi privasi dan keamanan data di Hp.

Cara melindungi privasi dan keamanan data di Hp. Jika Anda mengabaikan keamanan data pribadi, maka privasi Anda akan terancam di era digital saat ini. Data pribadi seperti informasi sensitif, pesan, foto, dan riwayat penelusuran sangat rentan untuk diakses oleh pihak yang tidak berwenang. 

Inilah sebabnya mengapa melindungi data pribadi di ponsel sangatlah krusial. Mari kita simak cara melindungi privasi dan keamanan data di Hp dalam artikel ini.

BACA JUGA:Hp 5G Terbaik dengan Kualitas Unggul

6 Cara Melindungi Privasi dan Keamanan Data di Hp

Risiko kebocoran data bisa saja terjadi pada ponsel Anda. Namun, Anda dapat mencegahnya dengan beberapa langkah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini!

1. Waspadai izin aplikasi yang diberikan

Di platform media sosial seperti WhatsApp, terdapat pengaturan unduh otomatis. Sebaiknya, Anda tidak mengaktifkan izin ini agar aplikasi dari pelaku phishing tidak dapat meretas smartphone Anda secara otomatis.

Selain itu, saat mengunduh aplikasi, sering kali muncul permintaan akses seperti kamera, penyimpanan, kontak, dan lokasi. Pastikan aplikasi tersebut terpercaya dan memiliki ulasan positif.

Selain itu, perhatikan izin akses saat mengunduh aplikasi dari sumber selain platform resmi seperti Playstore. Anda perlu berhati-hati dengan izin akses ini karena ada kemungkinan malware dapat masuk bersamaan dengan file yang diunduh.

2. Terapkan sandi pada layar kunci

Langkah kedua untuk melindungi privasi dan keamanan data Anda di smartphone adalah dengan mengatur layar kunci. Terdapat berbagai pilihan jenis layar kunci, seperti pola, PIN, kata sandi, dan sidik jari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: