Catat! Ini Syarat Koleksi Bisa Masuk Museum Ranggawarsito Semarang

Catat! Ini Syarat Koleksi Bisa Masuk Museum Ranggawarsito Semarang

Petugas melakukan pendataan barang iventarisasi di Museum Ranggawarsita, Kota Semarang, Rabu (11/9). Museum Ranggawarsita mendapatkan koleksi baru hibah dari kolektor asal Blitar Jawa Timur--

DISWAYJATENG.ID, SEMARANG - Setiap tahunnya Museum Jawa Tengah Ranggawarsita menerima koleksi dari hibah para kolektor dari penjuru daerah. Koleksi-koleksi ini nantinya akan dipamerkan saat rotasi atau pergantian  setiap tahunnya. 

Pamong Budaya Museum Ranggawarsita, Tri Lestari Budi Rahayu menyampaikan koleksi di museum ini ada beberapa kategori dari Biologolika, Geologika, Arkeologi dan Seni. 

BACA JUGA:Dandim Demak Tegaskan Jalani Gaya Hidup Sehat

"Nantinya koleksi dari hibah para kolektor akan dipamerkan sesuai masa rotasi sesuai dengan kategorinya, tentunya memiliki syarat khusus layak untuk dipamerkan", ungkap Tri kepada wartawan Disway Jateng, Rabu (11/9/2024). 

Pada proses iventarisasi inilah koleksi tersebut akan masuk dalam kategori. Seperti halnya keris masuknya benda yang terbuat dari logam, patung masuknya ke seni rupa dan seperti arca atau artefak masuknya ke arkeologi, jelas Tri. 

Untuk bisa koleksi tersebur masuk dan dipamerkan di museum harus memiliki riwayat sejarah atau histori sendiri. 

"Rata-rata kolektor yang menghibahkan kebanyakan merapa museum bisa lebih menjaga dan merawat koleksi yang mereka anggap lebih bersejarah", imbuh Tri.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: