Bangun Jalan Usaha Tani

Bangun Jalan Usaha Tani

BANGUN JALAN - Jalan usaha tani sedang dibangun melalui kerja bakti.Foto:Siti Maftukhah/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Warga di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang melakukan atau kerja bakti pembuatan jalan usaha tani di tempat yang tadinya tidak bisa dilewati atau buntu. 

Thoif Afaranto ST, tokoh masyarakat RT 31 RW 8 mengatakan, warga membuat jalan baru untuk akses usaha tani, yang nantinya menguntungkan semua warga masyarakat, bukan hanya petani saja. Warga menyebutnya dengan kerigan atau kerjabakti, pembuatan jalan usaha tani di akses jalan yang sebelumnya buntu. 

BACA JUGA:Jawa Tengah Terbitkan Pergub Pencegahan dan Penanganan TPPO

Nantinya dibuat jalan baru dengan melewati tanah pekarangan atau kebun, dan jalan tersebut dimanfaatkan untuk akses kegiatan pertanian, sekaligus pemekaran pemukiman, "Juga sebagai jalan penghubung dari jalan satu ke jalan lainnya," katanya.

Kepala Desa Wanarata Elok Rakhmawati menjelaskan, kerja bakti ini merupakan suatu bentuk kerja sama. Untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang sulit untuk dikerjakan sendiri. Sehingga dikerjakan secara bersama-sama atau beberapa orang.

BACA JUGA:Adakan Pelatihan Penggunaan dan Baca Alat Ukur

Biasanya dilaksanakan didaerah pedesaan yang masih erat rasa kekeluargaannya. Bentuknya seperti, perbaikan dan membersihkan jalan desa, membersihkan rumput, pembuatan jalan dan lain lain. 

"Demikian kehidupan masyarakat di desa Wanarata, dari zaman dulu sampai sekarang kerja bakti tetap dipertahankan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: